Tips Foundation Tahan Lama Dan Matte Seharian

0
197

Tips Foundation Tahan Lama Dan Matte SeharianSource: bing.com

Bagi sebagian wanita, foundation adalah kunci untuk tampil cantik dan percaya diri. Namun, bagaimana agar foundation tahan lama dan matte seharian? Berikut ini beberapa tips yang dapat diterapkan.

Pilih Foundation Yang Sesuai Dengan Jenis Kulit

Tips pertama adalah memilih foundation yang sesuai dengan jenis kulit. Setiap wanita memiliki jenis kulit yang berbeda-beda, seperti kulit kering, berminyak, atau kombinasi. Penting untuk memilih foundation yang cocok dengan jenis kulit agar hasilnya maksimal. Jika menggunakan foundation yang tidak sesuai dengan jenis kulit, bisa menyebabkan kulit terlihat lebih berminyak atau kering dan foundation tidak tahan lama.

Untuk kulit kering, pilih foundation yang memiliki kandungan pelembap. Sedangkan untuk kulit berminyak, pilih foundation yang oil-free dan memiliki kandungan anti-shine. Untuk kulit kombinasi, pilih foundation yang dapat menyeimbangkan kelembapan dan minyak pada kulit.

Gunakan Primer Sebelum Foundation

Tips kedua adalah menggunakan primer sebelum foundation. Primer berfungsi untuk menyeimbangkan tekstur kulit dan membuat foundation lebih tahan lama. Gunakan primer yang sesuai dengan jenis kulit, seperti primer yang dapat mengontrol minyak pada kulit berminyak atau primer yang dapat melembapkan pada kulit kering.

Gunakan Teknik Aplikasi Yang Benar

Tips ketiga adalah menggunakan teknik aplikasi yang benar. Terdapat beberapa teknik aplikasi foundation yang dapat digunakan, seperti dengan menggunakan jari, kuas, atau spons. Namun, teknik yang paling umum adalah menggunakan kuas. Pastikan untuk membersihkan kuas sebelum dan setelah digunakan untuk menjaga kebersihan dan menghindari kuman pada kuas.

Untuk aplikasi foundation dengan kuas, ambil sedikit foundation pada kuas dan aplikasikan pada wajah dengan gerakan memutar. Mulailah dari bagian tengah wajah dan ratakan ke arah luar. Pastikan untuk meratakan foundation dengan baik agar tidak terlihat cakey.

Set Foundation Dengan Bedak

Tips keempat adalah set foundation dengan bedak. Bedak berfungsi untuk membuat foundation lebih tahan lama dan matte. Pilih bedak yang cocok dengan warna kulit dan aplikasikan dengan kuas bedak. Hindari menggunakan terlalu banyak bedak agar tidak terlihat terlalu tebal atau cakey.

Touch-Up Sebagai Perlu

Tips kelima adalah melakukan touch-up sebagai perlu. Terkadang, foundation bisa menjadi tidak tahan lama karena beberapa faktor seperti cuaca atau aktivitas yang membuat kulit berkeringat. Oleh karena itu, pastikan untuk selalu membawa bedak dan kuas bedak untuk melakukan touch-up pada bagian T-zone atau bagian wajah yang mulai berminyak.

Itulah beberapa tips foundation tahan lama dan matte seharian yang dapat diterapkan. Ingatlah untuk memilih foundation yang sesuai dengan jenis kulit, menggunakan primer, teknik aplikasi yang benar, set foundation dengan bedak, dan melakukan touch-up sebagai perlu. Dengan menerapkan tips ini, foundation akan lebih tahan lama dan kulit terlihat lebih cantik dan sehat.

Pertanyaan yang Sering Diajukan:

1. Apakah foundation yang tahan lama membuat kulit kering?

Tidak, asalkan memilih foundation yang cocok dengan jenis kulit dan menggunakan pelembap sebelumnya.

2. Apakah harus menggunakan primer sebelum foundation?

Tidak harus, namun penggunaan primer dapat membuat foundation lebih tahan lama dan hasilnya lebih maksimal.

3. Bagaimana cara touch-up foundation?

Gunakan bedak tabur dan kuas bedak untuk menyerap minyak pada bagian wajah yang berminyak atau keringat. Jangan menggunakan foundation lagi karena bisa membuat wajah terlihat cakey.

4. Apakah bedak yang digunakan harus sama mereknya dengan foundation?

Tidak, tidak perlu menggabungkan merek foundation dan bedak yang sama. Yang penting adalah memilih bedak yang sesuai dengan warna kulit dan jenis kulit.

5. Apakah teknik aplikasi foundation dengan spons lebih baik daripada dengan kuas?

Tidak ada teknik yang lebih baik daripada yang lain. Pilihlah teknik yang paling nyaman dan sesuai dengan kebutuhan dan preferensi pribadi.

Related video of Tips Foundation Tahan Lama Dan Matte Seharian