Tips Interview Bahasa Inggris: Cara Sukses Dalam Wawancara Kerja

0
260

Tips Interview Bahasa InggrisSource: bing.com

Wawancara kerja adalah tahap penting dalam proses seleksi kerja. Dalam wawancara, kamu harus mampu menunjukkan kemampuan diri serta menjual diri dengan baik kepada pewawancara. Bagi yang belum terbiasa, wawancara kerja dapat menjadi momok menakutkan yang menimbulkan rasa gugup dan cemas. Apalagi jika harus menggunakan bahasa Inggris, yang mungkin bukan bahasa asli kita. Nah, agar kamu lebih percaya diri dalam menghadapi wawancara kerja bahasa Inggris, berikut adalah beberapa tips interview bahasa Inggris yang bisa kamu terapkan.

1. Persiapkan Diri Sebaik Mungkin

Sebelum menghadapi wawancara kerja, pastikan kamu sudah mempersiapkan diri sebaik mungkin. Pelajari tentang perusahaan yang akan kamu lamar, termasuk visi, misi, dan nilai-nilai perusahaan. Selain itu, persiapkan juga jawaban-jawaban yang mungkin akan ditanyakan, seperti tentang pengalaman kerja, kelemahan dan kelebihan diri, serta rencana karir di masa depan. Jangan lupa untuk membawa dokumen penting seperti CV, portofolio, dan sertifikat yang relevan dengan posisi yang kamu lamar. Persiapan yang matang akan membantu kamu lebih percaya diri dan siap menghadapi pertanyaan-pertanyaan dari pewawancara.

2. Berlatih Bahasa Inggris

Ketika menghadapi wawancara kerja bahasa Inggris, kemampuan bahasa Inggris tentu menjadi faktor penting. Nah, agar lebih percaya diri dalam berbicara bahasa Inggris, pastikan kamu sudah berlatih sebelumnya. Kamu bisa berlatih dengan membaca artikel atau buku dalam bahasa Inggris, menonton film atau serial TV dalam bahasa Inggris, atau berbicara dengan teman atau native speaker dalam bahasa Inggris. Dengan berlatih bahasa Inggris secara rutin, kamu akan lebih terbiasa dalam berbicara dan memahami bahasa Inggris, sehingga lebih mudah menghadapi wawancara kerja dalam bahasa Inggris.

3. Gunakan Bahasa Inggris Dengan Lancar Dan Mudah Dipahami

Dalam wawancara kerja, kamu harus mampu menggunakan bahasa Inggris dengan lancar dan mudah dipahami. Hindari menggunakan bahasa yang terlalu formal atau terlalu informal, dan pastikan kamu memahami arti dari setiap kata yang kamu gunakan. Jangan takut untuk bertanya atau meminta penjelasan jika ada kata atau frasa yang tidak kamu pahami. Selain itu, gunakan juga bahasa tubuh yang positif, seperti senyum, pandangan mata, dan gerakan tangan yang sopan dan percaya diri.

4. Berikan Jawaban Yang Jelas Dan Tepat

Saat menjawab pertanyaan dari pewawancara, pastikan kamu memberikan jawaban yang jelas dan tepat. Hindari jawaban yang terlalu singkat atau terlalu panjang, dan pastikan kamu menjawab sesuai dengan pertanyaan yang diajukan. Berikan contoh konkret jika diminta, dan jangan takut untuk menunjukkan kelebihan yang kamu miliki. Namun, jangan terlalu berlebihan dalam memuji diri sendiri, dan hindari menjawab dengan nada yang merendahkan atau mengkritik perusahaan atau orang lain.

5. Tampilkan Sikap Terbuka Dan Sopan

Terakhir, tampilkan sikap terbuka dan sopan dalam wawancara kerja. Dengarkan dengan seksama setiap pertanyaan yang diajukan, dan jangan takut untuk meminta penjelasan jika ada yang tidak kamu pahami. Jangan lupa untuk bersikap sopan dan mengucapkan terima kasih setelah wawancara selesai. Ingatlah bahwa kesan pertama sangat penting, jadi pastikan kamu menampilkan sikap yang positif dan sopan selama wawancara berlangsung.

Itulah beberapa tips interview bahasa Inggris yang bisa kamu terapkan saat menghadapi wawancara kerja. Ingatlah bahwa wawancara kerja bukanlah momok yang menakutkan asal kamu sudah mempersiapkan diri dengan baik. Jangan lupa untuk tetap percaya diri, tampilkan sikap terbuka dan sopan, dan berikan jawaban yang jelas dan tepat. Selamat mencoba!

Pertanyaan yang Sering Diajukan

Berikut adalah beberapa pertanyaan yang sering diajukan dalam wawancara kerja bahasa Inggris:

  1. Tell me about yourself.
  2. Why do you want to work for this company?
  3. What are your strengths and weaknesses?
  4. What are your long-term career goals?
  5. Why should we hire you?

Jangan takut untuk mempersiapkan jawaban-jawaban yang tepat untuk pertanyaan-pertanyaan tersebut, dan jangan lupa untuk menampilkan sikap yang positif dan percaya diri selama wawancara berlangsung.

Related video of Tips Interview Bahasa Inggris: Cara Sukses Dalam Wawancara Kerja