Peralatan Navigasi di laut sering diambil maling, indikasi kecelakaan kapal tinggi

0
754
salah satu rambu suar di lautan (tataruangpertanahan.com)
salah satu rambu suar di lautan (tataruangpertanahan.com)
salah satu rambu suar di lautan (tataruangpertanahan.com)

MBNews, Tarakan – Sebagian Perangkat alat sarana bantu navigasi perairan atau rambu-rambu laut di wilayah kerja Distrik Navigasi Tarakan, sering mengalami gangguan dari manusia entah itu dirusak hingga diambil oleh orang-orang yang tidak bertanggungjawab.

Kepala Seksi Operasi Distrik Navigasi Tarakan Asnawi kepada MBNews, Sabtu (31/01/2015) mengatakan, rambu-rambu laut yang terpasang di sejumlah tempat tersebut sering mengalami kehilangan di beberapa bagian karena dicuri orang. Dijelaskan, pencurian bagian alat seperti aki solarcell dan perangkat lainya dari rambu tersebut sering terjadi di wilayah selatan Kalimantan Timur, sehingga dikhawatirkan jika ada kapal-kapal besar yang melintas di jalur-jalur tersebut saat malam hari mengalami kecelakaan karena rambu tidak berfungsi.

“Untuk mengantisipasi pencurian itu pihaknya memodifikasi rambu-rambu suar tersebut dengan mengganti besi yang lebih kuat dan di buatkan pengaman untuk solar sell pada rambu suar tersebut,” Jelas Asnawi

Lebih lanjut dituturkan, Selain di wilayah selatan di perairan sekitar Tarakan juga sering kehilangan pelampung suar, meskipun sudah dilakukan modifikasi pihaknya akan tetap rutin melakukan patroli, karena beberapa waktu lalu pernah menangkap salah satu pencuri tersebut. (ctr/hfa)