Tips Membeli Macbook Bekas

0
4099

Tips Membeli Macbook BekasSource: bing.com

Macbook adalah salah satu laptop yang paling populer saat ini. Meskipun harganya cukup mahal, banyak orang yang memilih Macbook karena keandalannya dan desainnya yang ciamik. Namun, jika kamu ingin membeli Macbook baru, harganya bisa mencapai puluhan juta rupiah. Maka dari itu, membeli Macbook bekas bisa menjadi pilihan yang lebih terjangkau. Namun, sebelum membeli Macbook bekas, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan agar tidak tertipu dan mendapatkan Macbook yang berkualitas. Berikut adalah beberapa tips membeli Macbook bekas yang bisa kamu terapkan.

Mencari Penjual Terpercaya

Langkah pertama sebelum membeli Macbook bekas adalah mencari penjual terpercaya. Kamu bisa mencari penjual Macbook bekas di toko online atau marketplace seperti Tokopedia, Bukalapak, Shopee, dan lain sebagainya. Pastikan penjual memiliki reputasi yang baik dan banyak mendapatkan ulasan positif dari pembeli sebelumnya. Kamu juga bisa mencari penjual Macbook bekas di forum online atau grup Facebook yang membahas tentang Macbook. Namun, pastikan kamu tidak terjebak pada penawaran yang terlalu murah karena bisa saja produk yang dijual tidak asli atau rusak.

Cek Kondisi Fisik Macbook

Setelah menemukan penjual yang terpercaya, langkah selanjutnya adalah mengecek kondisi fisik Macbook. Pastikan Macbook tidak memiliki kerusakan fisik seperti goresan, dent, atau retak pada layar. Periksa juga keyboard, touchpad, dan semua port seperti USB dan HDMI. Jangan lupa untuk membuka dan menutup layar Macbook beberapa kali untuk memastikan kondisi engsel dan kabel fleksibel tidak rusak. Jika memungkinkan, minta penjual untuk menyalakan Macbook dan membiarkannya menyala selama beberapa menit untuk memastikan tidak ada masalah dengan suhu dan baterai.

Cek Spesifikasi Macbook

Selain kondisi fisik, pastikan juga kamu mengecek spesifikasi Macbook yang akan kamu beli. Cek tipe prosesor, kapasitas RAM, kapasitas hard disk, dan tipe kartu grafis. Pastikan spesifikasi yang tertera pada iklan atau penawaran penjual sesuai dengan spesifikasi yang tertera pada Macbook yang kamu terima. Jangan sampai kamu tertipu dengan spesifikasi yang tidak sesuai dan merasa kecewa setelah membeli Macbook bekas.

Cek Kelengkapan Aksesoris

Saat membeli Macbook bekas, pastikan kamu juga mendapatkan semua aksesoris yang seharusnya ada. Aksesoris yang harus ada antara lain charger, kabel charger, dan kotak asli Macbook. Jika ada aksesoris tambahan seperti mouse atau keyboard, pastikan juga semua aksesoris tersebut berfungsi dengan baik. Jangan sampai kamu hanya mendapatkan Macbook saja tanpa aksesoris yang seharusnya ada.

Periksa Garansi

Terakhir, pastikan kamu mengecek apakah Macbook bekas yang kamu beli masih memiliki sisa garansi. Jika masih ada garansi, pastikan kamu mendapatkan bukti garansi dari penjual. Hal ini akan sangat berguna jika suatu saat kamu mengalami masalah dengan Macbook dan perlu memperbaikinya. Namun, jika Macbook yang kamu beli tidak memiliki sisa garansi, pastikan kamu telah mengecek kondisi fisik dan spesifikasi Macbook dengan teliti agar tidak menyesal di kemudian hari.

Kesimpulan

Membeli Macbook bekas bisa menjadi pilihan yang lebih terjangkau daripada membeli Macbook baru. Namun, sebelum membeli Macbook bekas, pastikan kamu mengecek reputasi penjual, kondisi fisik Macbook, spesifikasi Macbook, kelengkapan aksesoris, dan sisa garansi. Dengan melakukan semua langkah tersebut, kamu dapat memastikan bahwa Macbook bekas yang kamu beli berkualitas dan sesuai dengan kebutuhanmu.

FAQ:

1. Apakah aman membeli Macbook bekas?

Jika kamu membeli dari penjual terpercaya dan telah melakukan pengecekan dengan baik, membeli Macbook bekas bisa menjadi pilihan yang aman. Namun, pastikan kamu membeli dari penjual yang terpercaya agar tidak tertipu dengan produk yang palsu atau rusak.

2. Berapa harga Macbook bekas yang wajar?

Harga Macbook bekas sangat bervariasi tergantung pada tipe dan spesifikasinya. Namun, jika kamu ingin membeli Macbook bekas dengan spesifikasi yang baik, harga yang wajar adalah sekitar 60-70% dari harga Macbook baru.

3. Apakah harus membeli Macbook bekas dengan garansi?

Meskipun sangat disarankan untuk membeli Macbook bekas dengan sisa garansi, namun tidak wajib. Namun, pastikan kamu telah mengecek kondisi fisik dan spesifikasi Macbook dengan teliti agar tidak menyesal di kemudian hari.

4. Apa saja yang harus diperiksa saat membeli Macbook bekas?

Saat membeli Macbook bekas, pastikan kamu mengecek reputasi penjual, kondisi fisik Macbook, spesifikasi Macbook, kelengkapan aksesoris, dan sisa garansi.

5. Apakah harus membeli Macbook bekas dengan aksesoris lengkap?

Ya, sangat disarankan untuk membeli Macbook bekas dengan aksesoris lengkap. Aksesoris yang harus ada antara lain charger, kabel charger, dan kotak asli Macbook. Jika ada aksesoris tambahan seperti mouse atau keyboard, pastikan juga semua aksesoris tersebut berfungsi dengan baik.

Related video of Tips Membeli Macbook Bekas