Tips Memilih Susu Formula Untuk Anak 1 Tahun

0
251

Tips Memilih Susu Formula Untuk Anak 1 TahunSource: bing.com

Susu formula merupakan salah satu jenis makanan yang penting bagi pertumbuhan dan perkembangan anak. Namun, dengan begitu banyaknya merek susu formula yang beredar di pasaran, orangtua kadang merasa bingung dalam memilih yang terbaik untuk anak mereka. Bagi orangtua yang memiliki anak berusia 1 tahun, berikut adalah beberapa tips memilih susu formula yang tepat:

1. Pilih susu formula yang sesuai dengan usia anak

Setiap merek susu formula memiliki kandungan nutrisi yang berbeda-beda tergantung dari usia si anak. Oleh karena itu, pastikan memilih susu formula yang sesuai dengan usia si anak. Susu formula untuk anak usia 1 tahun umumnya mengandung nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh si anak pada tahap tersebut.

2. Perhatikan kandungan nutrisi susu formula

Pastikan susu formula yang dipilih mengandung nutrisi yang dibutuhkan oleh si anak, seperti protein, lemak, karbohidrat, vitamin, dan mineral. Selain itu, pastikan juga kandungan gula dalam susu formula tidak terlalu tinggi, karena dapat meningkatkan risiko obesitas di kemudian hari.

3. Pilih merek susu formula yang terpercaya

Pilih merek susu formula yang sudah terpercaya dan memiliki sertifikasi dari lembaga yang berwenang. Merek susu formula yang terpercaya biasanya sudah lama beredar di pasaran dan memiliki reputasi yang baik.

4. Perhatikan jenis susu formula

Susu formula ada yang dibuat dari susu sapi, kambing, atau kedelai. Pilihlah jenis susu formula yang sesuai dengan kebutuhan si anak dan tidak menyebabkan alergi. Jika si anak memiliki riwayat alergi atau intoleransi terhadap susu sapi, maka susu formula dari susu kedelai atau susu kambing bisa menjadi alternatif.

5. Konsultasikan dengan dokter anak

Sebelum memilih susu formula, sebaiknya konsultasikan dengan dokter anak terlebih dahulu. Dokter anak dapat membantu memberikan saran terbaik sesuai dengan kondisi dan kebutuhan si anak.

Nah, itulah beberapa tips memilih susu formula untuk anak 1 tahun. Selalu perhatikan kandungan nutrisi dan jenis susu formula yang dipilih agar si anak mendapatkan nutrisi yang dibutuhkan untuk pertumbuhan dan perkembangannya.

Pertanyaan yang Sering Diajukan

1. Apa bedanya susu formula untuk bayi dan susu formula untuk anak 1 tahun?

Susu formula untuk bayi biasanya mengandung lebih banyak nutrisi dan lebih mudah dicerna oleh sistem pencernaan bayi. Sedangkan susu formula untuk anak 1 tahun mengandung nutrisi yang sesuai dengan kebutuhan anak pada usia tersebut.

2. Apakah susu formula bisa digunakan sebagai pengganti ASI?

Susu formula bisa digunakan sebagai pengganti ASI jika ASI tidak mencukupi atau tidak tersedia. Namun, ASI tetap menjadi pilihan terbaik untuk memberikan nutrisi kepada bayi.

3. Bagaimana cara memilih susu formula untuk anak yang alergi susu sapi?

Untuk anak yang alergi susu sapi, sebaiknya memilih susu formula dari susu kedelai atau susu kambing. Namun, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter anak.

4. Berapa banyak susu formula yang sebaiknya diberikan pada anak 1 tahun?

Jumlah susu formula yang diberikan pada anak 1 tahun tergantung pada kebutuhan dan kondisi si anak. Sebaiknya konsultasikan dengan dokter anak untuk mendapatkan saran terbaik.

5. Apakah susu formula bisa menyebabkan obesitas pada anak?

Jika kandungan gula dalam susu formula terlalu tinggi, maka bisa meningkatkan risiko obesitas pada anak. Oleh karena itu, pastikan memilih susu formula yang kandungan gulanya tidak terlalu tinggi.

Related video of Tips Memilih Susu Formula Untuk Anak 1 Tahun