Belajar Uitemate Yuk, Teknik Mengapung Dari Jepang Yang Telah Terbukti

0
17461
Penjelasan Teknik Mengapung Uitemate
Penjelasan Teknik Mengapung Uitemate
Penjelasan Teknik Mengapung Uitemate
Penjelasan Teknik Mengapung Uitemate

merahbirunews.com, Belajar Uitemate Yuk, Teknik Mengapung Dari Jepang Yang Telah Terbukti. Bagi yang bisa berenang mungkin untuk mengapung bukan hal yang sulit, tapi untuk pemula yang belum bisa berenang ataupun yang sedang belajar renang mungkin teknik uitemate ini bisa dicoba untuk belajar mengapung di atas air. Bagi yang sudah bisa berenang pun, teknik Uitemate ini bisa digunakan jika saat berenang, kita terasa lelah dan beristirahat sejenak dengan teknik mengapung Uitemate.

Teknik Uitemate adalah bahasa Jepang dari sebutan lain teknik “Bertahan Hidup dengan cara Mengapung dan Menunggu”. Ya, hal ini sangat penting jika terjadi hal yang tidak diinginkan di laut lepas, misalnya terjadi kecelakaan dan para korban tenggelam ke dalam air. Hal yang bisa dilakukan yaitu dengan teknik Uitemate yaitu teknik bertahan hidup dengan cara mengapung dan menunggu bantuan.

Kabarnya teknik ini telah terbukti oleh beberapa orang, seperti pada tahun 2008 lalu, di Kobe lima orang tenggelam di sungai Toga ketika hujan badai, seorang anak SD dapat diselamatkan karena ia bertahan hidup dengan cara memeluk tas rangsel-nya. Para ahli mengatakan, seseorang dapat dengan mudah mengapung di permukaan air seperti layaknya Berang-berang, dengan hanya memegang sesuatu seperti botol plastik kosong.

Peristiwa menakjubkan lainnya terjadi saat Jepang dihantam Tsunami pada 11 Maret 2011, murid-murid SD di Prefektur Miyagi selamat dari tenggelam karena menggunakan teknik mengapung Uitemate. Saat gempa terjadi, mereka dievakuasi ke gedung olahraga, namun tak lama kemudian mereka terjebak air tsunami yang masuk kedalam gedung dan air makin lama makin meninggi.

Menurut Prof. Saito, tindakan ini salah. Yang harus dilakukan adalah berusaha agar tetap mengapung memakai teknik Uitemate dan tunggulah hingga bantuan datang.

Pelajar Sekolah Dasar di Jepang mendapatkan pelatihan Uitemate saat seseorang jatuh ke dalam air, reaksi spontan adalah berusaha untuk berenang walaupun ternyata ia tidak pandai berenang. Dengan spontan korban juga akan melambai-lambaikan tangannya sambil berteriak minta tolong, tangan yang mengarah ke atas sebenarnya malah akan membuat korban menjadi semakin mudah tenggelam.

Saat ini teknik Uitemate gencar di kampanyekan ke seluruh Dunia, terutama wilayah Asia Tenggara termasuk Indonesia. Dalam satu setengah tahun, 40 instruktur telah dilatih dan 10.000 orang di Sri Lanka telah mendapatkan pelatihan Uitemate.

Cara Belajar Teknik Uitemate, Teknik Mudah Mengapung Di Atas Air

  1. Tenang dan santai, apabila Anda telah terjun ke dalam air, hal yang pertama perlu untuk dilakukan adalah bersikap tenang. Jangan panik, panik hanya akan membuat anda semakin tenggelam.
  2. Rentangkan tangan dan kaki, usahakan setenang mungkin untuk tidur terlentang di air sambil merentangkan tangan dan kaki. Kurangi gerakan-gerakan yang bisa membahayakan diri Anda.
  3. Pandangan menatap ke atas, untuk melancarkan sistem pernafasan Anda, hal yang dilakukan pada teknik satu ini adalah wajah dan pandangan mata menatap ke atas kemudian bernafas seperti biasa.
  4. Teknik jika memakai sepatu, biarkan sepatu Anda terpasang, berat sepatu tersebut akan bisa membantu mengapung.
  5. Botol kosong, jika ada botol kosong di dekat Anda gunakan botol kosong tersebut untuk didekap pada atas dada Anda, hal ini akan semakin membantu proses mengapung.

Untuk versi bahasa Jepang, kamu bisa lihat sumber resminya di sini: http://hts.nagaokaut.ac.jp/survival/floating/Chapter2remake/Chapter2remake.htm