Berbanggalah, Alutsista Buatan PT Pindad Mulai Mendunia Lho !

0
3143
Badak Merupakan Jenis Panser Terbaru Yang Diproduksi Pindad
Badak Merupakan Jenis Panser Terbaru Yang Diproduksi Pindad
Badak Merupakan Jenis Panser Terbaru Yang Diproduksi Pindad
Badak Merupakan Jenis Panser Terbaru Yang Diproduksi Pindad

merahbirunews.com, Semboyan “Cintailah Produk Produk Indonesia !” sepertinya harus terus digalakkan ke semua produk dalam negeri buatan anak bangsa. Seperti alutsista buatan PT Pindad yang mulai menargetkan pasar lebih luas ke daerah timur tengah. PT PINDAD (Persero) adalah perusahaan industri dan manufaktur yang bergerak dalam pembuatan produk militer dan komersial di Indonesia.

Direktur Utama Pindad, Silmy Karim, mengatakan Panser Badak merupakan panser varian terbaru buatan PT Pindad (Persero) yang saat ini tengah memasuki tahap sertifikasi dari Dinas Penelitian dan Pengembangan TNI Angkatan Darat.

Bila lolos sertifikasi, Panser Badak akan mulai diproduksi massal pada triwulan I-2016.‬ Panser Badak yang menggunakan Cannon 90 mm ini diberi nama oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla dalam perhelatan Indo Defence 2014 lalu.

“Kami membidik penjualan ekspor yang potensinya mencapai US$ 300 juta dalam dua tahun ke depan. Pasar yang bagus adalah Timur Tengah dan kami siap membuat prototipenya,” ujarnya dalam keterangan tertulis di Jakarta, Kamis (21/1/2016).

Silmy juga mengungkapkan pada tahun ini Pindad menargetkan akan meluncurkan satu produk pada setiap triwulan. Selain Panser Badak, Pindad juga akan meluncurkan tank boat dengan (panser) Canon 105 milimeter dan senapan serbu terbaru SSX 7.62 mm.‬

“Pada tahun ini Pindad menargetkan penjualan sebesar Rp 3 triliun,” kata dia.

Target yang ingin dicapai oleh Pindah ini pun mendapatkan sambutan baik dari Menteri Perindustrian Saleh Husin. Menurut dia, pemerintah memang berambisi memacu industri pertahanan dan persenjataan lokal. Penguatan dilakukan dengan mendongkrak pembelian produk pertahanan dari industri dalam negeri.‬

Menurutnya, PT Pindad pada tahun 2015 berhasil membukukan kenaikan perolehan kontrak mencapai 59 %. Karena itu pihaknya berterima kasih kepada jajaran Kementerian Pertahanan, TNI, dan Polri yang turut andil dalam menaikkan perolehan kontrak.

Saat ini, katanya, pada kuartal pertama 2016 PT Pindad akan meluncurkan senapan serbu terbaru kaliber 7,62 milimeter. Selain itu, Pindad sedang menyelesaikan purwarupa tank kelas menengah sekelas tank AMX-14 untuk Turki.