BPBD : Kami Diintimidasi Warga, Hingga Dilempar Batu Bata !

0
498
Tim BPBD Butuh Perlindungan Saat Menjalankan Tugas (run)
Tim BPBD Butuh Perlindungan Saat Menjalankan Tugas (run)

MBNews, Tarakan – Mengatasi sebuah peristiwa bencana memang sudah menjadi tugas dari tim Badan Penanggulangan bencana Daerah (BPBD). Namun siapa sangka jika dalam prosesnya, tim BPBD yang mempunyai peran sangat besar ini justru sering mendapat intimidasi dari masyarakat yang tertimpa musibah, Sepertihalnya  yang dialami oleh tim Pemadam Kebakaran (PMK)  BPBD kota Tarakan dalam upaya memadamkan kebakaran yang terjadi di kelurahan Karang Rejo  beberapa waktu lalu.

“Kejadian kebakaran di Karang Rejo kemarin petugas kami ada yang sempat dilempar batu bata.”Kata Kepala BPBD Kota Tarakan Abdul Aziz kepada MBNews.com,Senin (12/1/2015) .

Aziz mengaku, setiap kali mengatasi bencana yang sifatnya masuk dalam kategori kebakaran besar, tak jarang anggotanya selalu mendapat intimidasi dari warga. Hal ini dikarenakan ada kesalah pahaman antara warga dengan  BPBD dalam mengatasi kebakaran.

“Kalau kami dari BPBD berfikir bagaimana caranya menangani api, memblok api supaya tidak menyebar. Jadi apinya kita blok dulu baru ditangani. Nah kalau warga ini kan dia berfikir bagaimana caranya agar rumahnya bisa terselamtkan, jadi dilapangan itu sering sekali kita rebutan selang, maupun nozel dan kalau kita bersikeras, petugas kita langsung di intimadasi dan dimarah-marah warta.”Ujarnya.

Maka dari itu, pihak BPBD pun  bekerja sama dengan pihak Polres Tarakan maupun TNI untuk membantu dan melindungi tim BPBD khususnya regu Pemadam Kebakaran dalam upaya mengatasi setiap peristiwa kebakaran.

“Untuk kedepannya kami akan  berkoordinasi dengan Polres, Brimob dan TNI dalam hal ini untuk menjaga personil kami dan peralatan inventaris, sehingga kejadian yang sifatnya mengganggu kinerja tim dilapangan tidak terulang lagi,”Tuntas Aziz.(mei/run)