Cara Jitu Merawat Baterai Laptop Agar Selalu Awet

0
2018

Salah satu cara membuat laptop awet dan tahan lama yaitu dengan cara merawat baterai laptop. Apalagi mengingat baterai laptop merupakan komponen yang tergolong cukup rentan dan sensitif. Tidak hanya itu, penggunaan laptop yang tidak baik juga mempengaruhi daya tahan baterai laptop. Sehingga baterai laptop bisa lebih cepat rusak dan tentunya tidak tahan lama.

Selain itu, baterai laptop yang rusak akan mempengaruhi kinerja laptop dan juga mempengaruhi kerusakan pada komponen lainnya. Sedangkan mengganti baterai laptop tidak cukup dengan anggaran yang sedikit.

Oleh karena itu, untuk menghindari masalah tersebut Anda perlu menerapkan beberapa cara berikut. Sehingga baterai laptop tetap sehat dan tidak mengalami kerusakan pada komponen lainnya.

Cara Merawat Baterai Laptop

Baterai laptop membutuhkan pemakaian yang tepat untuk membuat kualitas laptop agar selalu awet dan tahan lama. Yuk, simak ulasan berikut ini secara lengkap untuk merawat baterai laptop agar tetap sehat dan tidak mudah rusak.

1. Memperhatikan Suhu Laptop

Cara pertama yang bisa Anda lakukan yaitu untuk memperhatikan suhu laptop saat digunakan untuk jangka waktu lama. Biasanya pemakaian laptop dalam jangka waktu lama digunakan untuk mengerjakan tugas, menonton, memainkan game. Sedangkan pemakaian laptop dalam jangka waktu lama dapat meningkatkan suhu laptop.

Oleh karena itu, hal yang perlu Anda perhatikan yaitu suhu laptop. Sehingga Anda perlu hindari panas pada laptop tersebut setelah pemakaian yang lama. Tips yang tepat jika menghadapi kondisi ini yaitu dengan menggunakan kipas laptop untuk menjaga baterai tetap awet.

2. Memperhatikan Waktu Pemakaian

Waktu pemakaian laptop juga perlu diperhatikan karena setiap elektronik memiliki kapasitas pemakaian yang berbeda-beda antara satu dengan lainnya. Jika laptop Anda digunakan terlalu lama, pastikan Anda memberikan waktu sejenak agar laptop tersebut beristirahat sejenak.

3. Penggunaan Aplikasi Secukupnya

Selanjutnya, Anda juga perlu menggunakan aplikasi secukupnya saat menggunakan laptop. Karena membuka banyak aplikasi di laptop dalam satu waktu akan membuat kerja laptop lebih keras.

Oleh karena itu, agar baterai laptop menjadi lebih awet dan tahan lama Anda perlu menutup aplikasi yang tidak diperlukan. Sehingga baterai laptop menjadi lebih awet dengan penggunaan aplikasi yang secukupnya.

4. Pencahayaan Laptop Sesuai Kebutuhan

Cara keempat yang bisa Anda lakukan yaitu menggunakan pencahayaan laptop yang sesuai kebutuhan. Jika memungkinkan, Anda bisa menggunakan mode penerangan yang rendah atau disebut juga dengan best-battery life.

Mode ini akan membuat baterai laptop Anda menjadi lebih hemat dan awet. Bahkan mode ini juga tergolong sebagai mode yang baik untuk kesehatan mata Anda dari paparan sinar laptop yang berlebihan dalam jangka waktu yang cukup lama.

5. Memonitor Laptop Agar Tidak Mati Total

Terakhir, Anda juga perlu memonitor sisa baterai laptop agar tidak mengalami mati total. Karena terlalu fokus dengan laptop bisa membuat orang lupa untuk charger laptop saat menggunakannya.

Salah satu jenis laptop dengan kualitas baterai yang baik yaitu razer laptop. Anda bisa dengan mudah menemukan razer laptop di toko offline maupun online seperti di marketplace Blibli. Selain terbukti memiliki baterai laptop yang kuat, razer laptop yang dibeli di Blibli juga terbukti original dan terpercaya.

Bagaimana, mudah bukan beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk merawat baterai agar laptop dan komponen lainnya menjadi lebih awet dan tahan lama? Demikian ulasan singkat mengenai cara merawat baterai laptop, semoga bermanfaat.