Cara Restart Android Dengan Cara Yang Mudah

0
962
Cara Restart Android Dengan Cara Yang Mudah
Cara Restart Android Dengan Cara Yang Mudah
Cara Restart Android Dengan Cara Yang Mudah
Cara Restart Android Dengan Cara Yang Mudah

Sebagai salah satu seorang pengguna perangkat smartphone android, tentu anda sudah tidak asing lagi dengan restart. Istilah yang satu ini sangat sering digunakan dalam dunia teknologi terutama yang berhubungan dengan perangkat PC/laptop maupun gadget atau smartphone.
Restart atau yang biasa disebut dengan reboot adalah sebuah upaya untuk menyalakan ulang suatu sistem pada sebuah perangkat dimana semua proses dan aplikasi yang berjalan akan dimatikan dan kemudian dijalankan kembali seperti sedia kala secara otomatis. Restart/reboot berbeda dengan reset. Reset adalah kegiatan memformat atau menghapus seluruh data dan aplikasi yang ada di dalam suatu perangkat dan mengembalikannya ke pengaturan awal pabrik (setting default).

Fungsi Restart pada Android

Melakukan proses restart/reboot sangat diperlukan apabila smartphone android anda mengalami hal-hal seperti berikut ini:

  1. Smartphone berhenti mendadak, diam, atau macet.
  2. Restart merupakan suatu perintah sistem dalam smartphone jika ada sebuah aplikasi yang baru saja selesai diinstal agar proses penginstalan bisa sempurna.
  3. Apabila beban dalam smartphone dirasa sudah terlalu berat, sehingga proses restart akan membuat sistem operasi mengalami penyegaran.
  4. Jika smartphone sudah menyala dalam jangka waktu yang lama atau berhari-hari belum pernah dimatikan, karena mungkin saja ada satu atau beberapa proses yang gagal melakukan tugasnya setelah smartphone aktif dalam jangka waktu tersebut.
  5. Untuk melakukan suatu tes terhadap jaringan tertentu, karena terkadang jaringan atau koneksi data internet akan berjalan normal jika dilakukan proses restart terlebih dahulu.

Nah, dari beberapa fungsi yang telah dijabarkan di atas, ternyata restart pada smartphone android sangat dibutuhkan untuk menjaga kestabilan sistem operasi dalam smartphone itu sendiri.

Cara Restart Android Menggunakan Tombol Power

Cara Restart Android Dengan Cara Yang Mudah
Cara Restart Android Dengan Cara Yang Mudah

Pada produk smartphone android keluaran terbaru, pada umumnya dari pihak vendor telah melengkapinya dengan fitur restart yang bisa diakses melalui tombol power. Cara restart android menggunakan tombol power sangat mudah dilakukan, yaitu dengan menekan tombol power satu kali, maka kemudian akan muncul 3 pilihan pada layar, yaitu Power off, Airplane Mode, dan Restart. Silahkan tap pada pilihan Restart, maka smartphone akan segera merestart/mereboot sistem secara otomatis.

Namun sayangnya tidak semua smartphone android dilengkapi dengan tombol, menu, atau fitur restart untuk memulai ulang sistem secara otomatis. Pihak vendor terkadang hanya menyediakan tombol power pada smartphone android buatan mereka dengan fungsi Power Off, Airplane Mode, dan Silent Mode. Sehingga satu-satunya cara restart android yang dapat dilakukan adalah dengan mematikan smartphone terlebih dahulu, kemudian menghidupkannya kembali lewat tombol power.

Cara Restart Android Menggunakan Aplikasi

Sekarang ini di Google Playstore sudah tersedia beberapa aplikasi yang memiliki fungsi untuk melakukan restart/reboot pada smartphone android tanpa harus menekan tombol power. Hal ini bertujuan agar frekuensi penggunaan tombol power pada smartphone android menjadi berkurang. Seperti yang telah kita ketahui bersama bahwa menggunakan tombol power sesering mungkin akan mengakibatkan tombol tersebut menjadi berkurang tingkat performanya dan lama-kelamaan akan benar-benar menjadi tidak berfungsi atau rusak.

Untuk smartphone android yang sudah diroot, ada 2 aplikasi restart/reboot terbaik yang bisa diunduh secara gratis di Google Playstore. Aplikasi tersebut adalah Simple Reboot dan Quick Boot (Reboot). Sedangkan cara restart android yang belum memiliki akses root adalah dengan menggunakan aplikasi yang bernama Fast Reboot.

1Simple Reboot

Cara Restart Android Dengan Cara Yang Mudah

Aplikasi Simple Reboot akan membuat smartphone android anda dapat melakukan restart dengan otomatis tanpa harus menekan tombol power. Cukup hanya dengan menekan ikon aplikasi (shortcut) di layar smartphone android anda, kemudian akan muncul beberapa pilihan menu yang bisa anda pilih untuk melakukan restart/reboot atau tidak. Selain restart/reboot secara normal, pada aplikasi ini juga terdapat beberapa pilihan lain seperti Shutdown, Soft reboot, Reboot to recovery, Reboot to the bootloader, dan Reboot into safe mode. Aplikasi Simple Reboot bisa anda unduh gratis di Google Playstore.

2Quick Boot (Reboot)

Cara Restart Android Dengan Cara Yang Mudah

Aplikasi Quick Boot (Reboot) menyediakan beberapa fungsi pada smartphone android anda, di antaranya adalah merestart/mereboot, mematikan, dan me-reboot Android ke dalam Recovery Mode atau Bootloader. Anda juga bisa menambahkan shortcut atau widget pada homescreen smartphone android anda untuk akses yang lebih mudah dan cepat.

3Fast Reboot

Cara Restart Android Dengan Cara Yang Mudah

Aplikasi Fast Reboot dapat mensimulasi proses restart/reboot yang sebenarnya pada smartphone android dengan mematikan dan menghidupkan kembali semua proses dan aplikasi yang aktif, sehingga hal ini dapat membebaskan ruang memori dan membuat smartphone android anda berjalan lebih smooth. Aplikasi Fast Reboot memiliki cara restart android yang unik, karena aplikasi ini tidak benar-benar merestart smartphone android yang anda miliki, dan yang lebih istimewa lagi adalah aplikasi ini tidak membutuhkan akses root.

Demikianlah tutorial mengenai cara restart android yang dapat anda lakukan dengan cara yang mudah, baik menggunakan aplikasi maupun tidak, serta untuk smartphone yang sudah memiliki akses root ataupun belum. Semoga bermanfaat.