Faktor Kendaraan Yang Sudah Tua dan Kelebihan Muatan Menjadi Penyebab Banyaknya Kecelakaan Truk Di Jalan Raya

0
1805
Salah satu truk tua di Tarakan (ctr)
Salah satu truk tua di Tarakan (ctr)

MBNews, Tarakan- Rawannya kecelakaan truk pengangkut barang di pelabuhan dan jalan raya karena faktor umur dan overload (kelebihan barang muatan).

Kepala Unit Pelaksana Teknis pengujian kendaraan bermotor Dinas Perhubungan Tarakan Abdul Rahim, Senin (4/8/2014) mengatakan, banyaknya muatan barang yang dibawa bahwa truk tua tersebut akan berpengaruh terhadap kekuatan rem, sehingga rentan terjadinya blong dan berakibat fatal kepada pengguna jalan lain.

“Sebenarnya truk yang mengangkut barang itu muatannya overload sehingga daya rem tidak mampu memberhentikan truk.” Jelas Abdul Rahim.

Dijelaskan untuk gaya rem disesuaikan dengan standar yang sudah ditentukan sesuai muatan mobil tersebut, biasanya untuk truk yang sudah tua kapasitas daya angkutnya turun.

“Biasanya truk pengangkut yang diturunkan kapasitas angkutannya, kami hapus tulisan kapasitas yang ada dibaknya kemudian diganti. Tetapi kejadiannya di lapangan ada saja yang truknya tulisan kapasitas muatannya malah dinaikkan,” Ungkapnya. (CTR/HFA)