Harga Beras Tidak Naik, Kadar Zakat Fitrah Sama Seperti Tahun Lalu

0
532
Syamsi Sarman tunjukan ketetapan kadar zakat (run)
Syamsi Sarman tunjukan ketetapan kadar zakat (run)
Syamsi Sarman tunjukan ketetapan kadar zakat (run)

MBNews, Tarakan – Kadar zakat fitrah pada ramadan tahun ini tidak mengalami kenaikan, dimana umat muslim dalam menunaikan kewajiban berzakat masih mengacu kepada standar kadar zakat ramadan tahun lalu. Tidak berubahnya kadar zakat tersebut, merupakan dampak dari harga beras dipasaran yang tidak mengalami kenaikan signifikan.

“Setelah dilakukan rapat di kantor kementrian agama Kota Tarakan pada 20 juni lalu, disepakati kadar zakat pada ramadan tahun ini tidak mengalami kenaikan, hal itu sesuai dengan laporan dan survey dari Dinas Perdagangan serta Badan Urusan Logistik Tarakan.” Kata Syamsi Sarman, S.Pd, Ketua Pelaksana Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Tarakan, Senin (23/06/2014).

Berdasarkan survei dari Dinas Perdagangan, harga beras tertinggi yang beredar di supermarket maupun dipasar Rp. 11.700 hingga Rp. 12.000 perkilogram, sedangkan untuk beras bulog saat ini masih dikisaran Rp. 7.400 perkilogram.

Melihat hal itu, kadar zakat pada ramadan tahun ini sesuai dengan keputusan kantor kementrian agama kota Tarakan, Nomor : 14 Tahun 2014 tentang kadar zakat fitrah untuk wilayah Kota Tarakan tahun 1435 H/2014 M, ditetapkan untuk kadar zakat kategori I Rp. 30.000/jiwa, kadar zakat kategori II Rp. 27.500/Jiwa, dan kadar zakat kategori III Rp. 25.000/jiwa. Sedangkan untuk kategori raskin kadar zakat yang ditetapkan Rp. 20.000/jiwa.

“Bagi umat muslim yang akan berzakat, disesuaikan dengan konsumsi beras sehari-hari, sehingga sudah mengetahui berapa kadar zakat yang akan ditunaikan.” Jelas Syamsi. (RUN/HFA)