Inilah 6 Tips Sederhana Saat Charge Smartphone

0
108
Smartphone Android terbaru LG (gsmarena)
Smartphone Android terbaru LG (gsmarena)
Smartphone
Smartphone

merahbirunews.com, Inilah 6 Tips Sederhana Saat Charge Smartphone. Smartphone sudah bukan menjadi hal sulit untuk dimiliki, tiap hari semakin banyak model dari banyak merk – merk gadget terkenal yang siap memanjakan kegiatan mobilitas anda sehari-hari. Fungsi smartphone sendiri sesuai namanya bukan hanya untuk sekedar sms atau telepon, untuk mendukung kebutuhan dalam pekerjaan seperti berkirim email ataupun presentasi pun smartphone sudah sanggup. Namun, kendala batrai yang cepat boros dan selalu membutuhkan power bank menjadi masalah tersendiri para pemilik smartphone. Nah, disini kami akan berbagi tips charge batrai smartphone yang benar.

1Isi daya beberapa kali dalam beberapa tahapan.

Seperti dalam kehidupan nyata, lebih baik berlari sprint dalam beberapa sesi daripada lari marathon dalam satu sesi. Untuk menjaga sel baterai agar tak “muak” dengan pengisian, sebaiknya pengisian dilakukan dalam beberapa tahapan. Misalnya dari 30 persen sampai 60 persen atau dari 45 persen ke 79 persen. Jangan tunggu batrai kosong lalu charge hingga full.

Baca: Tips Hemat Baterai Smartphone

2Hindari baterai benar-benar kosong.

Kondisi ekstrim, cukup berbahaya bagi kesehatan baterai smartphone. Selain itu, mengisi daya penuh dalam waktu yang cukup lama juga kurang baik. Namun, yang lebih kurang baik yaitu membiarkan baterai benar-benar kosong. Hal ini akan berpengaruh pada ketahanan baterai smartphone kalian.

3Kondisi baterai paling baik saat 40 persen.

Pada presentase tersebut kondisi baterai seimbang. Tak terlalu penuh, tak juga kosong. Pada situasi ini, jangan dulu ‘nge-charge’ baterai smartphone. Lebih baik smartphone digunakan hingga persentase baterai menurun pelan-pelan. Setelahnya, sebelum menuju kosong, barulah isi daya.

4Jangan tempatkan baterai di suhu panas.

Baterai bakal kehilangan 80 persen ketahanannya jika pengguna menempatkannya pada temperatur 60º selama setahun. Pada suhu normal (25 derajat), ketahanan baterai tiap tahunnya juga bakal berkurang secara alamiah sebanyak 20 persen.

5Jangan tempatkan baterai di suhu dingin.

Jika ingin menyimpan baterai, pastikan tak di tempat dengan suhu dingin, seperti kulkas. Dampak negatifnya akan sama dengan kemungkinan jika baterai disematkan pada tempat bersuhu panas.

6Jangan biarkan baterai kosong dalam waktu lama.

Jika baterai benar-benar dalam keadaan kosong, sel baterai akan “tidur”. Jika tak cepat-cepat “dibangunkan”, kemungkinan terburuknya sel tersebut bakal kehilangan kemampuan untuk menyerap daya dari alat pengisian. Maka, saat kapasitas baterai menunjukkan 40 persen, pengguna sudah harus siap-siap melakukan pengisian ulang.

Nah, mungkin itu beberapa tips sederhana dalam mengisi daya pada smartphone, selain itu walaupun sudah menjaga bagaimana cara ‘nge-charge’ yang benar baterai juga memiliki batas pemakaian (umur baterai). Jadi jika memang sudah terpakai cukup lama dan baterai sudah cukup boros, mungkin sudah waktunya untuk mengganti baterai yang baru agar tetap bisa menggunakan smartphone untuk kebutuhan teknologi kalian.