Kabar Duka, Sosok Legendaris Pak Raden ‘Si Unyil’ Meninggal Dunia

0
141
Foto Pak Raden Si Unyil
Foto Pak Raden Si Unyil
Foto Pak Raden Si Unyil
Foto Pak Raden Si Unyil

merahbirunews.com, Kabar duka kembali menerpa dunia entertainment Indonesia, khususnya para fans serial Si Unyil. Sosok legendaris yang membuat tokoh Si Unyil di tahun 1980-an telah menghembuskan nafas terakhirnya dalam usia 82 tahun di Rumah Sakit Pelni, Petamburan, Jakarta Barat, Jumat (30/10/2015). Drs. Suryadi nama asli dari Pak Raden sendiri menciptakan tokoh Si Unyil agar terdapat acara mendidik untuk anak-anak Indonesia pada tahun 1980-an. Kemudian, Unyil diformat ulang untuk sesuai dengan era tahun 2000-an, sehingga tetap dapat digemari anak-anak Indonesia. Hasil dari format ulang acara Si Unyil adalah Laptop Si Unyil. Ia juga dikenal sebagai Pak Raden dalam acara Unyil.

Kabar tersebut muncul dari pesan singkat yang disampaikan asisten Suyadi, Prasodja Chusnanto.

Si Unyil adalah film seri televisi Indonesia produksi PPFN yang mengudara setiap hari Minggu pagi di stasiun TVRI dimulai pada tanggal 5 April 1981 sampai 1993, Minggu pagi di stasiun RCTI dimulai pada tanggal 21 April 2002 hingga awal 2003 dan berpindah ke TPI pada medio 2003 hingga akhir 2003 setiap Minggu pukul 16.30 WIB sebelum program berita Lintas 5. Si Unyil ini diciptakan oleh Suyadi. [wikipedia]

“Ina Lillahi wa inna ilaihi rai’un telah wafat kakek kami tercinta, guru bangsa, legenda dongen Indonesia, maestro sketsa Indonesia Dr Suyadi (Pak Raden), pada hari Jumat malam jam 22.20 WIB. Mohon dibukakan pintu maaf yang sebesar-besarnya,” demikian bunyi pesan dari Prasodja.

Sebelum meninggal dunia, Pak Raden memang sudah mengalami berbagai gangguan kesehatan. Ditemui pada 2013, Pak Raden tengah berjuang melawan penyakit persendian yang dialaminya. Meski harus menggunakan kursi roda saat beraktivitas, Pak Raden ia tetap memiliki semangat tinggi untuk berkarya. “Penyakitnya memang penyakit orangtua, tapi semangat Pak Raden tetap semangat anak muda,” ujarnya kala itu.