Laporpresiden.org, Situs Untuk Penyampaian Aspirasi Rakyat Ke Presiden

0
260
Halaman Laporpresidenorg
Halaman Laporpresidenorg
Halaman Laporpresidenorg
Halaman Laporpresidenorg

merahbirunews.com, Laporpresiden.org, Situs Untuk Penyampaian Aspirasi Rakyat Ke Presiden. Di tiap masa kepemerintahan masing-masing Presiden tentunya sangat banyak aspirasi atau keluhan rakyat yang meski ditampung dan didengarkan untuk selanjutnya segera ditindak lanjuti. Untuk itu, Presiden Jokowi membuat kanal aduan khusus berupa web untuk menampung laporan, keluhan ataupun aspirasi dari masyarakat. Web tersebut dapat diakses melalui laporpresiden.org.

“Saudara-saudara, saya percaya masukan langsung saudara-saudara bermanfaat untuk membuat keadaan menjadi lebih baik. Oleh karena itu, selain melalui Facebook dan Twitter saya, sekarang saya tambah sebuah kanal saluran komunikasi langsung hasil karya anak bangsa,” kata Jokowi, melalui akun Facebook pribadinya, Minggu (12/7/2015)

Sejauh ini sejak diluncurkan, kanal ini langsung mendapat respons publik. Untuk kategori Nasional, hingga Senin 13 Juli 2015 pukul 09.39, sudah mencapai 279 laporan. Kementerian 122 laporan, Badan Tinggi 18, Presiden 73, Provinsi 31, Desa/Kelurahan 39, Kabupaten 25, Kecamatan 2 dan Kota 36 laporan.

Menurut Jokowi, masukan dan laporan dari masyarakat akan dirangkum dan diterima olehnya setiap bulan. Nantinya, seluruh laporan tersebut akan dijadikan rujukan untuk menentukan solusi serta kebijakan.

Dikutip dari laman Sekretariat Kabinet, Deputi Kepala Staf Kepresidenan Yanuar Nugroho, menyebutkan bahwa kanal http://www.laporpresiden.org sudah terintegrasi dan bersifat komplementer dalam melayani pengaduan masyarakat.

Kanal http://LaporPresiden.org adalah hasil inisiasi publik, sedangkan http://lapor.go.id adalah hasil inisiasi pemerintah. Jadi, silakan gunakan kedua kanal itu untuk menyampaikan kualitas layanan dan pantau pembangunan,” ujar Yanuar.