MediaTek Sebut Desain All Big Core Dimensity 9300 Maksimalkan Kinerja dan juga Efisiensi Ponsel

0
647

merahbirunews.com – Jakarta – MediaTek mengumumkan Dimensity 9300, chip seluler andalan terbarunya, akan hadir dengan desain All Big Core yang dimaksud unik. Konfigurasi unik ini mengombinasikan performa ekstrem dengan teknologi hemat daya MediaTek untuk menghadirkan pengalaman pengguna dalam bermain game, merekam video, serta pemrosesan AI generatif pada perangkat yang dimaksud belum pernah terjadi sebelumnya.

“Dimensity 9300 adalah chip andalan MediaTek terkuat saat ini, yang menghadirkan peningkatan besar dalam daya komputasi ke ponsel pintar andalan dengan desain All Big Core kami yang mana inovatif,” kata Joe Chen, Presiden MediaTek dalam keterangannya, 6 November 2023. 

“Arsitektur unik ini, yang tersebut dikombinasikan dengan Unit Pemrosesan AI on-chip kami yang tersebut ditingkatkan, akan mengantarkan era baru aplikasi AI generatif seiring developer mengupayakan batas kemampuan komputasi edge AI kemudian hybrid AI,” tambahnya.

Prosesor AI APU 790 generasi berikutnya dari MediaTek telah lama diintegrasikan ke dalam Dimensity 9300. Ini dirancang secara signifikan demi meningkatkan kinerja AI generatif serta hemat daya untuk komputasi edge yang digunakan lebih lanjut cepat serta aman. APU 790 menggandakan performa operasi bilangan bulat lalu bilangan real, sekaligus mengurangi konsumsi daya sebesar 45 persen. 

Dengan mengadaptasi model Transformer untuk akselerasi operator, kecepatan pemrosesan APU 790 menjadi 8 kali tambahan cepat ketimbang generasi sebelumnya, dengan image generation selama sedetik menggunakan Stable Diffusion. 

MediaTek telah terjadi mengembangkan teknologi kuantisasi INT4 presisi campuran, yang dimaksud bila dikombinasikan dengan kompresi perangkat keras memori NeuroPilot MediaTek, dapat memanfaatkan bandwidth memori secara lebih besar efisien lalu secara signifikan mengurangi kebutuhan memori untuk model AI besar. 

APU 790 juga memberikan dukungan untuk NeuroPilot Fusion, yang mana dapat terus melakukan adaptasi LoRA tingkat rendah, lalu mampu menggalang model bahasa besar (large language model) dengan parameter 1B, 7B, juga 13B, dengan skalabilitas hingga 33B. 

Sebagai bagian dari ekosistem AI MediaTek, Dimensity 9300 akan menggalang model bahasa besar mainstream termutakhir, seperti Meta Llama 2, Baichuan 2, Baidu AI LLM, serta lain-lain. Dengan begitu, ini mampu membantu developer menerapkan aplikasi AI generatif multi-modal untuk memberikan pengalaman AI generatif, seperti teks, gambar, serta musik kepada pengguna.

Dengan GPU andalan terbaru Arm, Immortalis-G720, Dimensity 9300 memberikan pengalaman gaming seluler yang dimaksud menyenangkan. Dimensity 9300 menawarkan peningkatan performa GPU hampir 46 persen dengan tingkat konsumsi daya yang tersebut identik dengan Dimensity 9200. 

Tak belaka itu, Dimensity 9300 juga memberikan pengurangan konsumsi daya GPU sebesar 40 persen pada performa yang sejenis dengan chipset generasi sebelumnya. Ini memberikan pengguna peningkatan kinerja yang mana besar tanpa mengorbankan masa pakai baterai. 

Dengan kombinasi desain CPU octa-core ekstrem dari chipset ini dengan mesin raytracing perangkat keras generasi kedua dari MediaTek, ponsel pintar yang mana ditenagai oleh Dimensity 9300 akan menghadirkan efek pencahayaan global tingkat konsol dengan kecepatan 60 FPS yang mana mulus. Ditambah lagi, chipset ini memungkinkan pengguna melakukan banyak tugas dengan lancar, sehingga dia dapat bermain game kemudian streaming video secara bersamaan atau menonton video lain sambil bermain game.

Dimensity 9300 mendefinisikan ulang pemotretan seluler juga pengambilan video dengan menggabungkan AI-ISP berdaya rendah kemudian HDR yang tersebut selalu siap pakai dengan resolusi hingga 4K pada 60 frame per second (fps). Chipset ini juga membantu mode sinematik 4K pada 30 fps dengan bokeh tracking secara real-time untuk peningkatan bokeh kualitas profesional, serta 4K AI Noise Reduction (AI-NR) juga pemrosesan AI pada foto serta video RAW. Selain itu, Dimensity 9300 akan memperkuat format Ultra HDR baru pada Android 14 untuk ponsel pintar generasi berikutnya.