Momentum Ramadan Tingkatkan Arus Urbanisasi

0
282
Ilustrasi (polpptarakan)
Ilustrasi (polpptarakan)
Ilustrasi (polpptarakan)

MBNews, Tarakan – Sabagai daerah yang terus berkembang dan menjadi lahan basah mencari pekerjaan, Kota Tarakan menjadi medan magnet tersendiri bagi warga daerah lain untuk datang ke Tarakan untuk mengadu nasib mencari pekerjaan. Tentunya sudah menjadi tradisi setiap Ramadan hingga pasca Idul Fitri, arus urbanisasi ke Tarakan cukup tinggi.

Mengantisipasi arus urbanisasi dengan masuknya pendatang dari luar secara ilegal, Satpol PP Tarakan telah bersiap mengantisipasinya dengan melakukan pendataan penumpang kapal yang datang ke Tarakan.

Kepala Satpol PP Tarakan Umar mengatakan,  dari pengawasan yang dilakukan setiap tahun, jumlah pendatang yang masuk ke Tarakan kebanyakan mencari pekerjaan, selain itu ada juga yang mengenyam pendidikan baik di tingkat sekolah hingga perguruan tinggi.

“Dari pemantauan yang dilakukan Satpol PP, pendatang yang masuk ke Tarakan motifnya beragam, mulai mencari pekerjaan, pendidikan, hingga ada yang menjadi pengemis,” ucap Umar, Rabu (24/6/2015).

Lanjutnya, mayoritas pendatang yang masuk ke Tarakan berasala dari Jawa dan Sulawesi ditambah dari daerah lainnya, “Dominasi pendatang dari daerah Jawa dan Sulawesi, Cuma kalau untuk data pastinya ada di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil,” jelasnya.

Adapun daerah kota Tarakan yang banyak dihuni oleh pendatang berada di wilayah pesisir, sehingga untuk daerah pesisir menurut Umar, patut digalakan secara intens razia administrasi kependudukan yang dilakukan oleh Kecamatan serta Kelurahan setempat.

“Untuk wilayah pesisir banyak dihuni oleh para pendatang, sehingga dari pihak Kelurahan dan Kecamatan di wilayah pesisir perlu dilakukan razia secara intens,” tegas Umar. (ctr/nur)