Home Kota Respon Cepat, Pemprov Kaltara Berikan Bantuan

Respon Cepat, Pemprov Kaltara Berikan Bantuan

0
388
Pj Gubernur Kaltara Irianto Lambrie saat meninjau lokasi kebakaran di Kelurahan Selumit Pantai (hfa)
Pj Gubernur Kaltara Irianto Lambrie saat meninjau lokasi kebakaran di Kelurahan Selumit Pantai (hfa)
Pj Gubernur Kaltara Irianto Lambrie saat meninjau lokasi kebakaran di Kelurahan Selumit Pantai (hfa)

MBNews, Tarakan – Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara tanggap cepat terhadap kejadian musibah kebakaran di kelurahan Selumit Pantai Kota Tarakan. Penjabat (Pj) Gubernur Kaltara Irianto Lambrie mengatakan, bencana kebakaran seperti ini sering terjadi khususnya di Kota Tarakan, penyebabnya juga relatif sama sehingga perlunya kewaspadaan dan langkah konkret dari pemerintah Kota yang bersangkutan.

“Saya sudah diskusi dengan Bapak Walikota kawasan itu perlu ditata ulang namun persoalannya kembali ke masyarakat apakah memberikan kontribusi nyata untuk penataan tersebut.” Ujar Irianto saat meninjau lokasi kebakaran dan pengungsi, Selasa (6/1/2015)

Irianto mencontohkan beberapa daerah di Kaltim sudah memiliki penataan yang baik untuk kampung perairan sehingga terhindar dari musibah kebakaran tersebut. Yang kedua harus dicari penyebab utamanya salah satunya kondisi kelistrikan, jika hal itu dominan terjadi sebaiknya dilakukan pencegahan dini.

“Perlu dilakukan audit kondisi kelistrikan rumah tangga yang ada di perkampungan padat tengah kota, ada jaringan listrik tidak tertata baik sehingga terjadinya arus pendek.” Kata Sekprov Kaltim tersebut

Langkah selanjutnya yang bisa dilakukan yakni pemerintah Kota bisa melakukan pengajuan bantuan ke pemerintah pusat untuk bantuan kepada korban kebakaran. Apakah proposal pengajuan tersebut melalui kementrian sosial untuk bisa membantu masyarakat atau kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat untuk penataan tata ruang di wilayah perumahan padat penduduk.

Dalam lawatannya kali ini Pj Gubernur memberikan bantuan secara simbolis kepada korban kebakaran yakni 1 Ton beras, 400 dos mie instan dan uang tunai pribadi Rp. 15 Juta. Saat peninjauan Pj Gubernur didampingi Walikota Tarakan Sofian Raga, Kepala BPBD Kaltara Hariyanto dan pimpinan SKPD di Kota Tarakan. (hfa)