Tamu Negara Konferensi Asia-Afrika 2015 bakal dapat souvenir batu akik

0
1297
Batu akik (aktual.com)
Batu akik (aktual.com)
Batu akik (aktual.com)

MBNews, Bandung – Pesona dan tren batu akik di Indonesia saat ini sangat luar biasa. Rencananya batu akik dijadikan salah satu suvenir yang akan diberikan kepada tamu negara peserta Konferensi Asia Afrika (KAA) yang akan dilaksanakan di Kota Bandung.

Hal itu disampaikan oleh juru bicara Kementerian Luar Negeri RI, Arrmanatha Christiawan Nasir, saat memberikan keterangan pers di kawasan Pejambon, Jakarta Pusat, Kamis (12/3/2015). Selain batu akik kemungkinan para tamu negara juga akan diberikan alat musik khas Jawa Barat yakni angklung. “Ada kemungkinan angklung dan batu akik, mengingat itu jadi budaya Indonesia,” ujar Tata

Dalam pertemuan peringatan ke-60 KAA yang digelar di Bandung pada 24 April 2015, Pemerintah Indonesia selaku panitia telah menyebar undangan ke 109 negara. Sejauh ini, baru 17 negara yang memastikan diri untuk hadir.  Tata mengatakan, sebagai tuan rumah, Bandung sudah siap menyambut para tamu negara itu. Walikota Bandung, Ridwan Kamil, mengaku akan menyambut kedatangan semua peserta dengan meriah.

“Walikota menyampaikan akan ada 20 ribu pemain angklung yang memainkan alatnya secara bersamaan. Sementara, juga akan ada lebih dari 30 kegiatan,” kata Tata.

Pada Rabu kemarin, Menteri Luar Negeri RI, Retno LP Marsudi, dan rombongan meninjau kesiapan Bandung menjadi tuan rumah KAA. Beberapa lokasi yang ditinjau antara lain Gedung Merdeka, Hotel Savoy Homann, Gedung Pakuan dan Masjid Agung. (vivanews/hfa)