Tips Agar Udang Goreng Tepung Tetap Renyah

0
226

Tips Agar Udang Goreng Tepung Tetap RenyahSource: bing.com

Siapa yang tidak suka makan udang goreng tepung yang renyah dan gurih? Namun, tidak semua orang bisa membuat udang goreng tepung yang tetap renyah, terkadang tepungnya malah lembek. Nah, kali ini saya akan memberikan tips agar udang goreng tepung tetap renyah dan garing.

Pilih Udang yang Segar

Tips pertama agar udang goreng tepung tetap renyah adalah memilih udang yang segar. Pilihlah udang yang masih hidup atau udang yang baru saja mati. Jangan memilih udang yang sudah mati lebih dari 24 jam karena udang tersebut sudah mulai membusuk dan akan membuat udang goreng tepung menjadi tidak enak.

Selain itu, pastikan juga untuk membersihkan udang dengan benar sebelum digoreng. Cuci udang dengan air mengalir dan buang bagian kepala dan kulitnya. Jangan lupa juga untuk menghilangkan usus yang ada di bagian belakang udang. Dengan membersihkan udang dengan benar, udang goreng tepung akan lebih renyah dan enak.

Gunakan Tepung Terigu yang Tepat

Tips kedua agar udang goreng tepung tetap renyah adalah menggunakan tepung terigu yang tepat. Tepung terigu yang biasa digunakan untuk membuat kue tidak cocok untuk membuat udang goreng tepung karena akan membuat tepung menjadi lembek dan mudah hancur.

Sebaiknya gunakan tepung terigu protein tinggi atau tepung terigu khusus untuk membuat udang goreng tepung. Tepung terigu protein tinggi atau tepung terigu khusus untuk membuat udang goreng tepung memiliki kandungan gluten yang lebih tinggi sehingga dapat membuat tepung tetap renyah dan tidak mudah hancur.

Jangan Terlalu Banyak Menggoreng

Tips ketiga agar udang goreng tepung tetap renyah adalah jangan terlalu banyak menggoreng. Goreng udang dalam jumlah yang sedikit agar tidak menumpuk di dalam penggorengan. Udang yang menumpuk akan membuat suhu minyak menurun dan membuat udang goreng tepung menjadi lembek.

Selain itu, jangan terlalu sering membalik udang saat digoreng. Cukup balik sekali atau dua kali saja agar tepung tidak terlalu banyak terkelupas. Dengan menggoreng udang dengan jumlah yang sedikit dan tidak terlalu sering membaliknya, udang goreng tepung akan tetap renyah dan garing.

Goreng dengan Suhu Minyak yang Tepat

Tips keempat agar udang goreng tepung tetap renyah adalah menggoreng dengan suhu minyak yang tepat. Suhu minyak yang terlalu panas akan membuat udang goreng tepung cepat gosong dan tidak renyah. Sedangkan suhu minyak yang terlalu rendah akan membuat udang goreng tepung menjadi lembek dan tidak garing.

Suhu minyak yang tepat untuk menggoreng udang goreng tepung adalah sekitar 170-180 derajat Celsius. Jika tidak memiliki termometer, coba masukkan sepotong roti ke dalam minyak. Jika roti tersebut langsung terapung dan berubah warna menjadi kuning kecoklatan dalam waktu 1-2 menit, artinya suhu minyak sudah tepat untuk menggoreng udang goreng tepung.

Simpan dengan Benar

Tips kelima agar udang goreng tepung tetap renyah adalah menyimpan dengan benar. Jika ingin menyimpan udang goreng tepung, pastikan untuk menaruhnya di atas kertas minyak atau tisu agar minyak dapat terserap. Jangan menaruhnya di dalam wadah tertutup karena udang goreng tepung yang masih panas akan menghasilkan uap air, sehingga bagian tepung yang seharusnya renyah menjadi lembek.

Selain itu, simpan udang goreng tepung di tempat yang terbuka atau di dalam wadah yang tidak tertutup rapat agar udang goreng tepung tetap renyah dan tidak menjadi lembek.

Itulah tips agar udang goreng tepung tetap renyah dan garing. Jangan ragu untuk mencoba tips-tips di atas saat membuat udang goreng tepung di rumah. Selamat mencoba!

Frequently Ask and Question:

  1. Apakah tepung terigu protein tinggi bisa digunakan untuk membuat makanan lain selain udang goreng tepung?
  2. Berapa lama waktu yang diperlukan untuk menggoreng udang goreng tepung?
  3. Apakah udang goreng tepung bisa disimpan di dalam kulkas?
  4. Bagaimana cara membersihkan udang yang benar?
  5. Apa saja bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat udang goreng tepung?

Related video of Tips Agar Udang Goreng Tepung Tetap Renyah