Tips Biar Anak Mau Makan dengan Nikmat

0
162

Tips Biar Anak Mau MakanSource: bing.com

Menjadi orangtua memang tidak mudah, termasuk dalam hal memberi makan anak. Terkadang, anak tidak mau makan atau memilih-milih makanan. Padahal, makanan adalah kebutuhan pokok untuk tumbuh kembangnya. Jangan khawatir, berikut adalah beberapa tips biar anak mau makan dengan nikmat.

Buat Makanan Menjadi Menarik

Anak-anak senang dengan hal-hal yang menarik, termasuk di dalam hal makanan. Cobalah untuk membuat makanan menjadi menarik dan menggugah selera. Misalnya, dengan menata makanan dengan bentuk yang unik atau menghidangkan makanan dengan warna yang menarik.

Selain itu, Anda juga bisa mengajak anak untuk memasak bersama. Anak akan merasa senang dan tertarik untuk mencoba makanan yang sudah mereka buat sendiri.

Libatkan Anak dalam Proses Memilih Makanan

Anak cenderung lebih suka makanan yang mereka sukai. Oleh karena itu, libatkan anak dalam proses memilih makanan. Ajak anak untuk memilih jenis makanan apa yang ingin mereka makan di hari itu.

Namun, sebagai orangtua, pastikan makanan yang dipilih juga sehat dan bergizi. Jangan sampai anak hanya memilih makanan yang tidak sehat dan tidak bergizi.

Jangan Memaksa Anak untuk Makan

Memaksa anak untuk makan justru bisa membuat mereka semakin tidak mau makan. Ini karena anak akan merasa terpaksa dan tidak nyaman. Oleh karena itu, jangan memaksa anak untuk makan.

Cobalah untuk memberikan waktu dan kesempatan bagi anak untuk mengeksplorasi makanan. Biarkan mereka memilih sendiri dan mencoba makanan tersebut. Jika anak masih tidak mau makan, jangan paksakan dan tunggu hingga mereka merasa lapar.

Berikan Pujian dan Reward

Anak senang dengan pujian dan reward. Berikan pujian kepada anak ketika mereka sudah makan atau mencoba makanan baru. Anda juga bisa memberikan reward berupa hadiah kecil atau hal lain yang disukai anak.

Namun, pastikan reward yang diberikan tidak hanya berupa makanan yang tidak sehat. Berikan reward yang positif dan sehat bagi anak.

Berikan Contoh yang Baik

Anak-anak juga belajar dari orangtua. Oleh karena itu, berikan contoh yang baik dalam hal makan. Cobalah untuk makan bersama dengan anak dan tunjukkan bahwa makanan yang sehat dan bergizi itu enak.

Selain itu, hindari makanan yang tidak sehat dan bergizi. Jangan membiasakan anak untuk makan makanan cepat saji atau makanan yang tidak sehat.

Dengan beberapa tips di atas, semoga anak Anda bisa lebih mau makan dengan nikmat. Ingatlah bahwa memberi makanan yang sehat dan bergizi sangat penting untuk tumbuh kembang anak.

Pertanyaan yang Sering Ditanyakan

1. Berapa banyak makanan yang harus diberikan kepada anak?

Jumlah makanan yang diberikan kepada anak tergantung pada usia dan kebutuhan gizi anak. Sebaiknya konsultasikan dengan dokter atau ahli gizi untuk mengetahui jumlah makanan yang tepat untuk anak Anda.

2. Apa yang harus dilakukan jika anak tidak mau makan?

Jangan memaksa anak untuk makan. Cobalah memberikan waktu dan kesempatan bagi anak untuk mengeksplorasi makanan. Biarkan mereka memilih sendiri dan mencoba makanan tersebut. Jika anak masih tidak mau makan, jangan paksakan dan tunggu hingga mereka merasa lapar.

3. Apakah boleh memberikan camilan pada anak?

Boleh, namun pastikan camilan yang diberikan sehat dan bergizi. Hindari camilan yang mengandung gula dan tepung berlebihan.

4. Apa yang harus dilakukan jika anak hanya mau makan makanan tertentu?

Libatkan anak dalam proses memilih makanan. Ajak anak untuk memilih jenis makanan apa yang ingin mereka makan di hari itu. Namun, pastikan makanan yang dipilih juga sehat dan bergizi.

5. Apakah boleh memberikan suplemen gizi pada anak?

Boleh, namun pastikan suplemen gizi yang diberikan sesuai dengan kebutuhan anak dan tidak berlebihan.

Related video of Tips Biar Anak Mau Makan dengan Nikmat