Tips Liburan Ke Jogja Bagi Pemula

0
250

Tips Liburan Ke Jogja Bagi PemulaSource: bing.com

Jogja menjadi salah satu destinasi wisata yang paling diminati oleh para wisatawan, terutama bagi pemula. Kota yang terkenal dengan kebudayaan dan sejarahnya ini memiliki banyak sekali tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi. Namun, untuk pemula, mungkin masih bingung bagaimana cara merencanakan liburan ke Jogja yang menyenangkan tanpa mengeluarkan biaya yang mahal. Berikut ini adalah beberapa tips liburan ke Jogja bagi pemula yang bisa membantu kamu merencanakan liburan yang menyenangkan:

Pilih waktu yang tepat

Pertama-tama, kamu harus memilih waktu yang tepat untuk liburan ke Jogja. Biasanya, musim liburan sekolah dan akhir pekan adalah waktu yang paling ramai dikunjungi orang. Jika kamu ingin menghindari keramaian, sebaiknya hindari waktu ini. Pilihlah waktu di luar musim liburan atau akhir pekan untuk menghindari keramaian dan harga yang lebih mahal.

Selain itu, perhatikan juga cuaca di Jogja. Musim penghujan di Jogja biasanya terjadi pada bulan November hingga Maret. Jika kamu ingin menghindari hujan, sebaiknya pilih waktu di luar musim hujan.

Pilih akomodasi yang sesuai dengan budget

Setelah memilih waktu yang tepat, kamu juga harus memilih akomodasi yang sesuai dengan budget. Jogja memiliki banyak sekali pilihan akomodasi, mulai dari hotel berbintang hingga penginapan murah. Jika kamu ingin menghemat budget, sebaiknya pilih penginapan murah seperti homestay atau guesthouse yang biasanya memiliki harga yang lebih terjangkau dibandingkan hotel berbintang.

Namun, jika budget bukan masalah, kamu bisa memilih hotel berbintang yang memiliki fasilitas mewah dan nyaman. Pastikan juga kamu memesan akomodasi jauh-jauh hari untuk mendapatkan harga yang lebih murah.

Merencanakan itinerary yang tepat

Setelah memilih waktu dan akomodasi, kamu juga harus merencanakan itinerary yang tepat. Jogja memiliki banyak sekali tempat wisata yang menarik, mulai dari wisata sejarah hingga wisata alam. Sebaiknya, pilihlah tempat wisata yang sesuai dengan minat dan budget kamu.

Jangan lupa juga untuk memperhitungkan waktu tempuh antar tempat wisata. Jogja terkenal dengan macetnya jalan, sehingga kamu harus mengatur waktu dengan tepat agar tidak terjebak macet di jalan.

Cari kuliner khas Jogja

Liburan ke Jogja tidak lengkap tanpa mencicipi kuliner khas Jogja. Kota ini terkenal dengan makanan yang lezat dan unik, seperti gudeg, nasi kucing, dan bakpia. Sebaiknya, carilah kuliner khas Jogja yang terkenal di daerah tertentu, seperti gudeg Yu Djum atau nasi kucing Mbah Gito.

Namun, jangan lupa juga untuk mencari tempat makan yang hygienis dan halal agar tidak mengganggu perut kamu selama liburan.

Berbelanja oleh-oleh

Terakhir, jangan lupa untuk berbelanja oleh-oleh sebelum pulang ke rumah. Jogja memiliki banyak sekali oleh-oleh yang bisa kamu bawa pulang, seperti batik, kaos, atau kerajinan tangan. Namun, pastikan kamu tidak menghabiskan budget kamu hanya untuk berbelanja oleh-oleh.

Cari oleh-oleh yang sesuai dengan budget kamu dan pastikan kamu membeli oleh-oleh yang berkualitas dan bermanfaat.

Kesimpulan

Liburan ke Jogja bisa menjadi pengalaman yang menyenangkan bagi pemula, asalkan kamu merencanakannya dengan baik. Pilih waktu dan akomodasi yang tepat, merencanakan itinerary yang tepat, mencari kuliner khas Jogja, dan berbelanja oleh-oleh adalah beberapa tips yang bisa membantu kamu merencanakan liburan yang menyenangkan tanpa mengeluarkan biaya yang mahal.

Jangan lupa untuk mencari informasi tentang tempat wisata dan transportasi sebelum berangkat ke Jogja. Selamat liburan!

Pertanyaan yang Sering Ditanyakan

1. Apa saja tempat wisata yang wajib dikunjungi di Jogja?

Beberapa tempat wisata yang wajib dikunjungi di Jogja antara lain Candi Borobudur, Candi Prambanan, Keraton Yogyakarta, Taman Sari, dan Pantai Parangtritis.

2. Bagaimana cara mencari transportasi di Jogja?

Jogja memiliki banyak sekali transportasi yang bisa kamu gunakan, seperti angkutan umum, taksi, ojek, atau rental motor. Kamu bisa mencari informasi tentang transportasi di Jogja melalui internet atau bertanya kepada pengelola akomodasi kamu.

3. Apakah ada tempat makan halal di Jogja?

Tentu saja! Jogja memiliki banyak sekali tempat makan halal, seperti warung nasi padang, warung makan Jawa, atau restoran seafood. Kamu bisa mencari informasi tentang tempat makan halal di Jogja melalui internet atau bertanya kepada pengelola akomodasi kamu.

4. Berapa biaya yang dibutuhkan untuk liburan ke Jogja?

Biaya liburan ke Jogja tergantung dari budget dan kebutuhan kamu. Jika kamu ingin menghemat budget, kamu bisa memilih akomodasi murah dan mencari tempat makan yang terjangkau. Namun, jika kamu ingin liburan yang mewah, kamu bisa memilih hotel berbintang dan restoran mewah. Pastikan kamu merencanakan liburan dengan baik agar tidak mengeluarkan biaya yang lebih dari yang kamu inginkan.

5. Apa yang harus dibawa saat liburan ke Jogja?

Beberapa hal yang harus kamu bawa saat liburan ke Jogja antara lain pakaian yang sesuai dengan cuaca, sepatu yang nyaman untuk berjalan, kamera untuk mengabadikan momen liburan, dan uang tunai atau kartu kredit untuk berbelanja atau membayar transportasi.

Related video of Tips Liburan Ke Jogja Bagi Pemula