Tips Memilih Foundation yang Wajib Diketahui Pemula

0
203
Aplikasikan _Foundation_ dengan benar
Bagaimana cara memilih Foundation yang tepat?

Bagaimana menemukan foundation yang tepat sangatlah penting untuk mendapatkan tampilan riasan yang sempurna.

Anda tidak perlu bingung lagi, karena dalam artikel ini akan dibahas bagaimana cara memilih foundation yang tepat.

  1. Kenali jenis kulit

Langkah pertama adalah mengenali jenis kulit Anda. Apakah Anda memiliki kulit kering, berminyak, kombinasi, atau sensitif? Ini akan membantu Anda memilih formula foundation yang sesuai.

  1. Ketahui warna kulit

Setelah mengetahui jenis kulit, saatnya menentukan warna kulit Anda. Pastikan Anda memilih foundation yang sesuai dengan warna kulit Anda, agar tidak terlihat belang.

  1. Pertimbangkan Coverage yang diinginkan

Coverage foundation bervariasi dari tipis hingga penuh. Pilih cakupan yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Jika Anda memiliki kulit halus dengan sedikit ketidaksempurnaan, Anda mungkin bisa menggunakan foundation dengan cakupan tipis. Namun, jika Anda memiliki kulit berjerawat atau bekas luka, Anda mungkin memerlukan foundation dengan cakupan penuh.

  1. Pilih hasil akhir yang diinginkan

Foundation juga memiliki hasil akhir yang berbeda, dari matte hingga dewy. Pilih hasil akhir yang sesuai dengan preferensi Anda. Jika Anda memiliki kulit berminyak, Anda mungkin lebih suka foundation dengan hasil akhir matte untuk membantu mengontrol minyak. Namun, jika Anda memiliki kulit kering, Anda mungkin lebih suka foundation dengan hasil akhir dewy untuk membantu melembapkan kulit.

Bagaimana Memilih Foundation yang Tepat?

Foundation adalah alas bedak yang digunakan untuk meratakan warna kulit dan menutupi kekurangan pada wajah. Foundation yang tepat dapat menyempurnakan penampilan Anda dan membuat Anda terlihat lebih cantik. Namun, memilih foundation yang tepat bukanlah hal yang mudah. Ada banyak faktor yang perlu dipertimbangkan, seperti jenis kulit, warna kulit, dan hasil akhir yang diinginkan.

1. Jenis Kulit

Hal pertama yang perlu dipertimbangkan ketika memilih foundation adalah jenis kulit Anda. Jika Anda memiliki kulit kering, Anda membutuhkan foundation yang hydrating dan melembapkan. Jika Anda memiliki kulit berminyak, Anda membutuhkan foundation yang matte dan bebas minyak. Jika Anda memiliki kulit kombinasi, Anda membutuhkan foundation yang dapat mengontrol minyak di zona-T dan melembapkan di area yang kering.

2. Warna Kulit

Setelah Anda mengetahui jenis kulit Anda, Anda dapat mulai memilih warna foundation. Warna foundation yang tepat adalah warna yang sesuai dengan warna kulit alami Anda. Jika Anda memilih warna foundation yang terlalu terang atau terlalu gelap, akan terlihat tidak自然, natural.

3. Hasil Akhir

Hasil akhir foundation juga perlu dipertimbangkan. Jika Anda menginginkan hasil akhir yang natural, pilih foundation dengan hasil akhir dewy. Jika Anda menginginkan hasil akhir yang matte, pilih foundation dengan hasil akhir matte. Jika Anda menginginkan hasil akhir yang berkilau, pilih foundation dengan hasil akhir shimmery.

jenis _Foundation_ yang tepat

4. Coverage

Coverage foundation adalah tingkat kemampuan foundation untuk menutupi kekurangan pada wajah. Coverage foundation dapat dibagi menjadi tiga jenis, yaitu light coverage, medium coverage, dan full coverage. Jika Anda memiliki sedikit kekurangan pada wajah, Anda dapat menggunakan foundation dengan light coverage. Jika Anda memiliki lebih banyak kekurangan pada wajah, Anda dapat menggunakan foundation dengan medium coverage atau full coverage.

5. Tekstur

Tekstur foundation juga perlu dipertimbangkan. Tekstur foundation dapat berupa cair, krim, atau padat. Foundation cair lebih mudah diaplikasikan dan memberikan hasil akhir yang natural. Foundation krim lebih hydrating dan memberikan hasil akhir yang lebih flawless. Foundation padat lebih mudah dibawa-bawa dan memberikan hasil akhir yang matte.

6. Harga

Harga foundation juga perlu dipertimbangkan. Harga foundation dapat bervariasi tergantung pada merek, jenis, dan coverage. Anda dapat memilih foundation yang sesuai dengan anggaran Anda.

7. Uji Cobalah Sebelum Membeli

Sebelum membeli foundation, sebaiknya uji cobalah terlebih dahulu. Anda dapat menguji coba foundation di toko kecantikan atau di rumah. Pastikan foundation yang Anda pilih cocok dengan jenis kulit, warna kulit, dan hasil akhir yang Anda inginkan.

8. Gunakan Primer

Primer dapat membantu foundation menempel lebih lama di wajah dan memberikan hasil akhir yang lebih flawless. Gunakan primer sebelum mengaplikasikan foundation.

9. Aplikasikan Foundation dengan Benar

Cara mengaplikasikan foundation juga mempengaruhi hasil akhir makeup. Aplikasikan foundation dengan menggunakan sponge atau kuas foundation. Aplikasikan foundation dari bagian tengah wajah ke arah luar.

10. Setting Spray

Setting spray dapat membantu foundation menempel lebih lama di wajah dan mencegah makeup luntur. Gunakan setting spray setelah mengaplikasikan foundation.

11. Perhatikan Tanggal Kedaluwarsa

Perhatikan tanggal kedaluwarsa foundation yang Anda gunakan. Jangan gunakan foundation yang sudah melewati tanggal kedaluwarsa. Foundation yang sudah melewati tanggal kedaluwarsa dapat menyebabkan iritasi kulit.

12. Bersihkan Wajah Sebelum Tidur

Bersihkan wajah sebelum tidur untuk menghilangkan makeup dan kotoran yang menempel di wajah. Wajah yang bersih akan membantu menjaga kesehatan kulit dan mencegah timbulnya jerawat.

Aplikasikan _Foundation_ dengan benar

13. Gunakan Sunscreen Setiap Hari

Gunakan sunscreen setiap hari untuk melindungi kulit wajah dari paparan sinar matahari. Paparan sinar matahari dapat menyebabkan kulit menjadi kusam, muncul flek hitam, dan keriput.

14. Konsultasikan dengan Dokter Kulit

Jika Anda memiliki masalah kulit, seperti jerawat atau eksim, sebaiknya konsultasikan dengan dokter kulit sebelum menggunakan foundation. Dokter kulit dapat memberikan rekomendasi foundation yang tepat untuk jenis kulit Anda.

15. Jangan Berbagi Foundation dengan Orang Lain

Jangan berbagi foundation dengan orang lain. Foundation dapat mengandung bakteri yang dapat menyebabkan infeksi kulit.

Kesimpulan

Memilih foundation yang tepat bukanlah hal yang mudah. Ada banyak faktor yang perlu dipertimbangkan, seperti jenis kulit, warna kulit, hasil akhir yang diinginkan, dan harga. Namun, dengan mengikuti tips di atas, Anda dapat menemukan foundation yang tepat untuk Anda.

FAQ

  1. Bagaimana cara mengetahui jenis kulit saya?

Anda dapat mengetahui jenis kulit Anda dengan memperhatikan karakteristik kulit Anda. Jika kulit Anda terasa kering dan bersisik, Anda memiliki kulit kering. Jika kulit Anda terasa berminyak dan licin, Anda memiliki kulit berminyak. Jika kulit Anda terasa kencang dan nyaman, Anda memiliki kulit normal. Jika kulit Anda terasa kering di beberapa area dan berminyak di area lain, Anda memiliki kulit kombinasi.

  1. Apa perbedaan antara foundation dengan BB cream dan CC cream?

Foundation memiliki coverage yang lebih tinggi daripada BB cream dan CC cream. Foundation juga lebih tahan lama daripada BB cream dan CC cream. BB cream dan CC cream memiliki coverage yang lebih ringan daripada foundation dan lebih mudah diaplikasikan. BB cream dan CC cream juga mengandung bahan-bahan perawatan kulit yang dapat membantu memperbaiki kondisi kulit.

  1. Bagaimana cara mengaplikasikan foundation dengan benar?

Aplikasikan foundation dengan menggunakan sponge atau kuas foundation. Aplikasikan foundation dari bagian tengah wajah ke arah luar. Pastikan foundation diaplikasikan secara merata di seluruh wajah.

  1. Apa yang harus dilakukan jika foundation saya tidak cocok dengan kulit saya?

Jika foundation Anda tidak cocok dengan kulit Anda, Anda dapat mencoba menggantinya dengan foundation yang lain. Anda juga dapat mencoba mengaplikasikan foundation dengan cara yang berbeda. Jika foundation Anda masih tidak cocok dengan kulit Anda, sebaiknya konsultasikan dengan dokter kulit.

  1. Bagaimana cara membersihkan foundation dengan benar?

Bersihkan foundation dengan menggunakan makeup remover. Aplikasikan makeup remover ke seluruh wajah dan pijat dengan lembut. Setelah itu, bilas wajah dengan air hingga bersih.

.