Ketahui Beragam Hal Ini Dari Kampung Pelangi Semarang

0
82
kampungpelangi
@ARIEPRAKHMAN / INSTAGRAM

Semarang bukan hanya terkenal dengan tempat-tempat bersejarah seperti Museum Ronggowarsito, Stasiun Tawang, dan Kawasan Pecinan. Tetapi terkenal dengan tempat-tempat yang penuh dengan kreatifitas yang dibuat oleh masyarakat Semarang, salah satu tempat yang terkenal karena kreatifitasnya adalah Kampung Pelangi. Sejarahnya, kampung ini bernama Wonosari dan hanya sebuah pemukiman yang tidak teratur atau kumuh sehingga masyarakat menjadi kurang nyaman.

Hingga suatu saat seorang Kepala Sekolah mencetuskan sebuah ide bagus yang terinspirasi dari kota  lain yang ada di Malang dan Jogja. Idenya adalah membuat setiap rumah dicat warna-warni sehingga bisa terlihat lebih indah. Ide ini juga disampaikan kepada Pemkot Semarang sehingga ada kerjasama antara Pemerintah, pihak swasta, dan juga warga untuk menjadikan Kampung Wonosari sebagai kampung wisata. Total sebanyak 300 rumah lebih direnovasi dengan banyak warna mencolok baik di area dinding atau atap. Jika berjalan di sekitaran rumah penduduk, maka akan banyak ditemukan sebauh murah dan lukisan yang bisa menjadi latar foto. Untuk lebih mengenal Kampung Pelangi, maka bisa mengetahui beragam hal berikut ini tentang kampung ini.

Ada Banyak Karya Seni

Dengan banyaknya  lukisan beserta mural di Kampung Pelangi tentunya menunjukkan sebuah kreatifitas dari warga setempat dan tentunya harus diapresiasi oleh semua pihak. Apalagi mural yang dibuat berisi pesan-pesan yang positif kepada setiap pengunjung yang datang. Selain pesan-pesan positif ada juga berbagai gambar misalkan wayang, tokoh kartun, dan gambar lainnya. Bahkan tidak ketinggalan juga terdapat lukisan 3 dimensi yang menjadikan sebagai sebuah keunikan dan menjadi spot foto pengunjung.

Peduli Terhadap Lingkungan

Masyarakat di Kampung Pelangi memanfaatkan jenis sampah yang bisa didaur ulang sehingga jadi hiasan yang unik dan mempunyai nilai. Sampah seperti botol plastik dan potongan bambu bisa disulap menjadi karya seni yang akan dipakai di area kampung. Dengan adanya hiasan hasil kreatifitas maka menjadikan kampung ini lebih menarik sehingga meningkatkan minat dari pengunjung yang ingin datang.

Terdapat Wisata Kuliner

Kampung Pelangi juga menawarkan wisata kuliner yang berasal dari Kota Semarang. Banyak warga kampung yang menawarkan beragam menu makanan kepada pengunjung yang lewat depan rumahnya. Salah satu minuman yang sering dibeli yaitu es mambo dengan banyak warna serta rasa cocok bagi yang sedang haus. Ada juga yang menjual gorengan dan aneka jajanan lain sehingga pengunjung bisa dengan mudah untuk jajan. Selain kuliner, di kampung ini juga terdapat souvenir yang bisa dibeli, salah satunya adalah celengan warna.

Setelah mengetahui beragam info tentang Kampung Pelangi, maka rencanakan waktu yang tepat untuk berkunjung kesana. Jangan lupa mencari rekomendasi hotel murah di Semarang yang bisa dipesan sekarang juga. Salah satu hotelnya adalah Pandanaran Simpang Lima dengan jarak kurang dari 1 meter menuju Kampung Pelangi dengan harga per malam sebesar 390 ribuan. Jika mau cari hotel lainnya, langsung saja buka website dan aplikasi Pegipegi untuk menemukan beragam hotel murah dan terbaik.