Tips Lulus Toefl – Rahasia Sukses Menaklukkan Ujian Bahasa Inggris

0
311

TOEFL atau Test of English as a Foreign Language adalah ujian standar yang digunakan untuk mengevaluasi kemampuan bahasa Inggris seseorang yang bukan penutur asli. Ujian ini diperlukan untuk mendaftar di universitas di negara-negara berbahasa Inggris atau untuk keperluan pekerjaan. TOEFL terdiri dari empat bagian yaitu Reading, Listening, Speaking, dan Writing. Meskipun TOEFL bukanlah ujian yang mudah, namun dengan beberapa tips lulus TOEFL berikut ini, kamu bisa sukses menaklukkan ujian bahasa Inggris ini.

Persiapan Awal Sebelum Ujian

Persiapan awal sebelum ujian sangat penting untuk membantumu meraih nilai yang baik pada ujian TOEFL. Beberapa tips lulus TOEFL yang dapat kamu lakukan di awal adalah:

  1. Cari tahu format ujian TOEFL dan pelajari pola soal yang sering muncul dalam ujian. Dengan begitu, kamu bisa lebih siap menghadapi ujian ini.
  2. Pelajari kosa kata yang sering dipakai dalam bahasa Inggris dan pelajari juga tata bahasa Inggris yang baik dan benar.
  3. Berlatih mendengarkan dan berbicara dalam bahasa Inggris setiap hari. Kamu bisa menonton film atau mendengarkan lagu dalam bahasa Inggris untuk meningkatkan kemampuanmu.
  4. Cari partner belajar yang bisa membantumu berlatih berbicara dalam bahasa Inggris. Belajar dalam kelompok bisa membantumu mendapatkan motivasi dan tips lulus TOEFL lainnya.

Pelajari Setiap Bagian Ujian

Setelah mempersiapkan diri secara umum, kamu perlu mempelajari setiap bagian ujian TOEFL agar kamu bisa meraih nilai yang tinggi pada setiap bagian. Berikut adalah tips lulus TOEFL untuk setiap bagian:

Reading

Pada bagian Reading, kamu akan diberikan beberapa artikel atau bacaan dan kamu harus menjawab beberapa pertanyaan berdasarkan bacaan tersebut. Tips lulus TOEFL pada bagian Reading adalah:

  1. Baca pertanyaan terlebih dahulu sebelum membaca bacaan. Dengan begitu, kamu bisa lebih fokus pada informasi yang relevan dengan jawaban.
  2. Baca bacaan dengan cepat dan cari informasi yang relevan dengan pertanyaan yang diberikan.
  3. Gunakan teknik scan untuk menemukan informasi yang relevan dengan pertanyaan.

Listening

Pada bagian Listening, kamu akan mendengarkan beberapa percakapan atau diskusi dan kamu harus menjawab beberapa pertanyaan berdasarkan percakapan atau diskusi tersebut. Tips lulus TOEFL pada bagian Listening adalah:

  1. Dengarkan dengan seksama dan jangan terlalu fokus pada detail yang tidak penting.
  2. Catat poin-poin penting yang kamu dengar dan jangan terlalu fokus pada kata-kata yang sulit.
  3. Gunakan teknik prediksi untuk menebak jawaban yang benar berdasarkan konteks percakapan atau diskusi.

Speaking

Pada bagian Speaking, kamu akan diminta untuk berbicara mengenai topik tertentu. Tips lulus TOEFL pada bagian Speaking adalah:

  1. Persiapkan topik-topik yang mungkin keluar pada ujian dan berlatih berbicara dengan lancar dan jelas.
  2. Gunakan teknik brainstorming untuk menghasilkan ide yang lebih banyak tentang topik yang akan kamu bicarakan.
  3. Jangan terlalu fokus pada kesalahan tata bahasa atau pengucapan, yang penting kamu bisa menyampaikan ide dengan jelas dan lancar.

Writing

Pada bagian Writing, kamu akan diminta untuk menulis esai tentang topik tertentu. Tips lulus TOEFL pada bagian Writing adalah:

  1. Persiapkan topik-topik yang mungkin keluar pada ujian dan pelajari cara menulis esai yang baik dan benar.
  2. Gunakan teknik outline untuk menyusun struktur esai kamu sebelum menulis.
  3. Jangan terlalu fokus pada kesalahan tata bahasa atau ejaan, yang penting kamu bisa menyampaikan ide dengan baik dan benar.

Latihan dan Simulasi Ujian

Latihan dan simulasi ujian merupakan bagian penting dalam tips lulus TOEFL. Dengan berlatih dan melakukan simulasi ujian, kamu bisa merasa lebih percaya diri saat menghadapi ujian TOEFL. Beberapa tips lulus TOEFL untuk latihan dan simulasi ujian adalah:

  1. Cari buku latihan TOEFL dan kerjakan soal-soal tersebut secara rutin.
  2. Ikuti kursus TOEFL yang disediakan oleh lembaga-lembaga terkemuka.
  3. Cari partner belajar yang bisa kamu ajak berlatih bersama.

Tips Lainnya

Selain tips lulus TOEFL di atas, kamu juga perlu melakukan beberapa hal lain untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggrismu. Beberapa tips lulus TOEFL lainnya yang dapat kamu lakukan adalah:

  1. Baca artikel atau buku dalam bahasa Inggris setiap hari untuk meningkatkan kosa kata dan tata bahasa Inggrismu.
  2. Tonton film atau dengarkan lagu dalam bahasa Inggris untuk meningkatkan kemampuan mendengarmu.
  3. Berbicaralah dalam bahasa Inggris setiap kali ada kesempatan.

Dengan melakukan tips lulus TOEFL di atas, kamu bisa meraih nilai yang baik pada ujian TOEFL dan membantu kamu mencapai cita-citamu untuk kuliah atau bekerja di luar negeri. Jangan lupa untuk selalu berlatih dan percaya diri dalam menghadapi ujian TOEFL.

FAQ: Pertanyaan yang Sering Diajukan

1. Berapa nilai TOEFL yang baik untuk mendaftar di universitas di luar negeri?

Nilai TOEFL yang baik untuk mendaftar di universitas di luar negeri tergantung pada universitas yang kamu tuju. Namun, sebagian besar universitas di luar negeri mengharuskan calon mahasiswa untuk memiliki nilai TOEFL minimal 550 atau 80 untuk tes internet-based.

2. Apakah saya bisa mengulang ujian TOEFL jika nilai saya tidak memuaskan?

Ya, kamu bisa mengulang ujian TOEFL jika nilai kamu tidak memuaskan. Namun, kamu harus menunggu minimal 12 hari sebelum bisa mendaftar untuk ujian TOEFL yang sama.

3. Apakah ada tips lulus TOEFL dalam waktu singkat?

Meskipun sulit, namun kamu bisa lulus TOEFL dalam waktu singkat dengan berlatih secara intensif dan fokus pada bagian-bagian yang kamu anggap paling sulit.

4. Bagaimana mengatasi rasa gugup saat menghadapi ujian TOEFL?

Untuk mengatasi rasa gugup saat menghadapi ujian TOEFL, kamu bisa berlatih meditasi atau teknik relaksasi lainnya. Selain itu, kamu juga perlu mengatur pola makan dan tidurmu dengan baik untuk menjaga kesehatan dan kebugaranmu selama menghadapi ujian.

5. Apakah saya perlu mempersiapkan diri dengan kursus TOEFL sebelum menghadapi ujian?

Meskipun tidak wajib, namun mengikuti kursus TOEFL bisa membantumu mempersiapkan diri dengan lebih baik dan meningkatkan kemampuan bahasa Inggrismu.

Related video of Tips Lulus Toefl – Rahasia Sukses Menaklukkan Ujian Bahasa Inggris