Tips Memilih Concealer yang Tepat untuk Kulitmu

0
164

Tips Memilih ConcealerSource: bing.com

Concealer merupakan salah satu produk makeup yang penting untuk menutupi noda dan bekas jerawat pada wajah. Namun, memilih concealer yang tepat bisa menjadi tantangan tersendiri bagi sebagian orang. Ada berbagai jenis concealer dengan berbagai formula dan warna yang berbeda. Oleh karena itu, dalam artikel ini, akan dibahas tips memilih concealer yang tepat untuk kulitmu.

Pilih Warna yang Sesuai dengan Warna Kulit

Tips pertama dalam memilih concealer adalah memilih warna yang sesuai dengan warna kulitmu. Jika warna concealer terlalu terang atau terlalu gelap, maka hasilnya tidak akan terlihat natural. Untuk mengetahui warna yang tepat, pilihlah concealer yang satu atau dua tingkat lebih terang dari warna kulitmu. Jangan memilih concealer yang terlalu terang atau pink karena akan membuat kulitmu terlihat tidak sehat.

Jika kamu memiliki kulit sawo matang atau gelap, pilihlah concealer yang lebih kearah warna kuning atau orange. Sedangkan jika kamu memiliki kulit yang sangat terang, pilihlah concealer yang memiliki warna lebih kearah pink atau peach.

Pilih Formula yang Cocok dengan Jenis Kulitmu

Tips kedua adalah memilih formula yang cocok dengan jenis kulitmu. Jika kamu memiliki kulit kering, pilihlah concealer yang memiliki formula cair atau krim. Sedangkan jika kamu memiliki kulit berminyak, pilihlah concealer yang memiliki formula padat atau bubuk. Formula yang salah dapat membuat kulitmu terlihat kusam atau bahkan menyebabkan iritasi pada kulit.

Selain itu, jika kamu memiliki kulit sensitif, pilihlah concealer yang bebas dari bahan kimia berbahaya seperti paraben atau fragrance. Pilihlah concealer yang memiliki kandungan alami seperti tea tree oil atau aloe vera yang dapat membantu merawat kulitmu.

Pilih Concealer yang Tahan Lama

Tips ketiga adalah memilih concealer yang tahan lama. Pilihlah concealer yang dapat bertahan sepanjang hari tanpa perlu touch up berulang kali. Hal ini akan membantu kamu menghemat waktu dan memastikan hasil makeupmu tetap terlihat sempurna sepanjang hari.

Pastikan juga untuk memilih concealer yang tahan keringat dan air jika kamu memiliki aktivitas yang cukup aktif atau jika kamu tinggal di daerah yang panas dan lembab.

Pilih Concealer yang Mudah Digunakan

Tips keempat adalah memilih concealer yang mudah digunakan. Pilihlah concealer yang memiliki aplikator yang nyaman dan mudah digunakan sehingga kamu bisa mengaplikasikan concealer dengan tepat dan rapi. Aplikator yang baik dapat membantu kamu mengaplikasikan concealer dengan mudah dan cepat.

Selain itu, pilihlah concealer yang memiliki tekstur yang mudah dibaurkan agar dapat merata di wajahmu dengan baik. Tekstur yang terlalu kental atau terlalu cair akan sulit untuk dibaurkan dan akan membuat hasil makeupmu tidak sempurna.

Simpan Concealer dengan Baik

Tips terakhir adalah menyimpan concealer dengan baik. Simpanlah concealermu di tempat yang sejuk dan kering, jauh dari sinar matahari langsung. Jangan biarkan concealer terkena suhu panas atau lembap karena hal ini dapat merusak kualitas concealer.

Selain itu, pastikan untuk menutup rapat concealer setelah digunakan untuk mencegah udara masuk dan membuat concealer mengering atau rusak.

Kesimpulan

Memilih concealer yang tepat dapat membantu kamu mendapatkan hasil makeup yang sempurna. Dengan mengikuti tips-tips di atas, kamu dapat memilih concealer yang sesuai dengan warna dan jenis kulitmu, tahan lama, mudah digunakan, serta disimpan dengan baik.

Jangan lupa untuk mencoba beberapa merek concealer yang berbeda dan mencari tahu mana yang cocok dengan kulitmu. Dengan mencoba dan bereksperimen, kamu akan menemukan concealer yang tepat untukmu.

Pertanyaan yang Sering Diajukan

1. Apa bedanya antara concealer dengan foundation?

2. Berapa lama sebaiknya concealer digunakan sebelum kadaluarsa?

3. Apakah concealer dapat digunakan sebagai pengganti foundation?

4. Bagaimana cara mengaplikasikan concealer dengan benar?

5. Apa yang harus dilakukan jika concealer terlalu terang atau terlalu gelap?

Related video of Tips Memilih Concealer yang Tepat untuk Kulitmu