Tips Memilih Foundation Sesuai Warna Kulit

0
360

Tips Memilih Foundation Sesuai Warna KulitSource: bing.com

Memilih foundation yang sesuai dengan warna kulit wajah adalah hal yang penting untuk membuat tampilan makeup terlihat natural dan menyatu dengan kulit. Namun, tidak semua orang tahu cara memilih foundation yang tepat. Berikut adalah beberapa tips yang dapat membantu Anda dalam memilih foundation sesuai dengan warna kulit wajah.

1. Ketahui Warna Kulit Anda

Tips pertama dalam memilih foundation sesuai dengan warna kulit adalah dengan mengetahui warna kulit Anda terlebih dahulu. Warna kulit manusia dapat dibedakan menjadi tiga yaitu kulit cerah, kulit medium, dan kulit gelap. Dalam menentukan warna kulit, Anda juga harus memperhatikan apakah kulit Anda memiliki undertone yang hangat, netral, atau dingin.

Untuk mengetahui undertone kulit Anda, Anda dapat melihat warna urat nadi di tangan. Jika urat nadinya berwarna lebih kebiruan, maka undertone-nya adalah dingin. Jika urat nadinya berwarna hijau, maka undertone-nya adalah hangat. Sedangkan jika urat nadinya tidak terlihat berwarna atau berwarna abu-abu, maka undertone-nya adalah netral.

2. Cari Foundation dengan Warna yang Sesuai

Setelah mengetahui warna kulit Anda, Anda dapat mencari foundation dengan warna yang sesuai. Sebaiknya mencoba foundation pada bagian leher atau dagu untuk melihat apakah warnanya sesuai dengan warna kulit Anda. Foundation yang cocok harus menyatu dengan warna kulit dan tidak terlihat seperti topeng.

Jika Anda memiliki kulit cerah dengan undertone hangat, maka foundation dengan warna kuning keemasan akan cocok. Sedangkan bagi Anda yang memiliki kulit cerah dengan undertone dingin, sebaiknya memilih foundation dengan warna pink atau merah muda. Bagi Anda yang memiliki kulit medium dengan undertone hangat, foundation dengan warna kuning kekuningan akan cocok. Sementara itu, bagi yang memiliki kulit medium dengan undertone dingin, foundation dengan warna beige atau pink akan cocok. Untuk kulit gelap, foundation dengan warna coklat kehitam-hitaman atau merah keunguan akan cocok.

3. Cobalah Lebih dari Satu Warna

Saat mencari foundation, sebaiknya mencoba lebih dari satu warna untuk menemukan warna yang paling cocok. Hal ini dikarenakan warna kulit dapat berubah-ubah tergantung pada kondisi kulit dan perubahan cuaca. Selain itu, juga sebaiknya mencoba foundation di bawah sinar matahari atau cahaya yang cukup terang untuk melihat hasil yang lebih akurat.

Jika Anda masih bingung memilih warna foundation yang cocok, Anda dapat mencampurkan beberapa warna foundation untuk mendapatkan warna yang sesuai dengan kulit Anda. Namun, pastikan untuk mencampurkan foundation dengan warna yang sama, yaitu foundation dengan undertone yang sama.

4. Pilih Jenis Foundation yang Sesuai

Selain memilih warna foundation yang sesuai dengan kulit, Anda juga perlu memilih jenis foundation yang sesuai dengan jenis kulit Anda. Jika Anda memiliki kulit kering, sebaiknya memilih foundation dengan formula yang melembapkan seperti foundation dengan kandungan hyaluronic acid atau glycerin. Sedangkan bagi Anda yang memiliki kulit berminyak, sebaiknya memilih foundation dengan formula yang ringan dan tidak berat seperti foundation dengan kandungan air atau oil-free.

Selain itu, ada juga jenis foundation yang dapat memberikan efek glowy pada kulit seperti foundation dengan kandungan pearl atau shimmer. Bagi Anda yang ingin tampilan makeup yang matte, sebaiknya memilih foundation yang memberikan efek matte pada kulit.

5. Beli Foundation di Toko yang Memiliki Kebijakan Pengembalian Barang

Terakhir, sebaiknya membeli foundation di toko yang memiliki kebijakan pengembalian barang. Hal ini dikarenakan meskipun sudah mencoba foundation di toko, namun mungkin saja warna foundation tersebut tidak sesuai atau tidak cocok dengan kulit Anda. Dengan adanya kebijakan pengembalian barang, Anda dapat menukar foundation yang tidak sesuai dengan warna atau jenis kulit Anda.

Demikianlah beberapa tips memilih foundation sesuai dengan warna kulit. Dengan memilih foundation yang tepat, tampilan makeup Anda akan terlihat lebih natural dan menyatu dengan kulit.

Pertanyaan yang Sering Diajukan

1. Apakah foundation dengan warna lebih terang dari kulit dapat membuat kulit terlihat lebih cerah?

Tidak. Foundation dengan warna lebih terang dari kulit dapat membuat kulit terlihat abu-abu atau pucat. Selain itu, foundation dengan warna yang tidak sesuai dengan kulit juga dapat membuat tampilan makeup terlihat tidak natural.

2. Apakah foundation dengan kandungan SPF lebih baik daripada yang tidak?

Foundation dengan kandungan SPF dapat melindungi kulit dari sinar matahari dan mencegah terjadinya kerusakan kulit akibat paparan sinar UV. Namun, untuk hasil yang optimal, sebaiknya tetap menggunakan sunscreen sebelum menggunakan foundation.

3. Apakah foundation dengan kandungan alkohol dapat membuat kulit kering?

Foundation dengan kandungan alkohol dapat membuat kulit kering dan terasa ketat. Sebaiknya memilih foundation dengan formula yang melembapkan untuk menghindari efek ini.

4. Apakah foundation dengan kandungan air lebih ringan dan tidak berat daripada yang berbasis minyak?

Ya, foundation dengan kandungan air lebih ringan dan tidak berat daripada yang berbasis minyak. Hal ini membuat foundation dengan kandungan air lebih cocok bagi Anda yang memiliki kulit berminyak.

5. Apakah foundation dengan kandungan silicone dapat menyebabkan breakout?

Foundation dengan kandungan silicone dapat menyebabkan breakout pada kulit sensitif atau berjerawat. Sebaiknya memilih foundation dengan formula yang lebih ringan seperti foundation berbasis air atau oil-free.

Related video of Tips Memilih Foundation Sesuai Warna Kulit