Tips Memilih Keramik Dinding Dapur

0
263
Tips Memilih Keramik Dinding Dapur

Tips Memilih Keramik Dinding DapurSource: bing.com

Keramik dinding dapur bisa menjadi elemen penting dalam menciptakan suasana dapur yang cantik dan nyaman. Selain memberikan nilai estetika, keramik juga dapat melindungi dinding dapur dari noda dan kotoran. Namun, memilih keramik dinding dapur bukanlah perkara mudah. Ada banyak faktor yang perlu dipertimbangkan, seperti warna, jenis, dan ukuran. Berikut adalah beberapa tips untuk memilih keramik dinding dapur yang tepat.

Pilih Warna yang Sesuai

Warna keramik dinding dapur harus dipilih dengan hati-hati. Warna yang tepat akan menciptakan suasana yang menyenangkan dan membuat dapur terlihat lebih luas. Warna cerah seperti putih, kuning, atau hijau muda bisa menjadi pilihan yang baik untuk menciptakan kesan ruangan yang terbuka dan cerah. Namun, jika Anda menginginkan suasana yang lebih hangat, pilihlah warna-warna yang lebih gelap seperti cokelat atau merah bata.

Namun, Anda juga bisa memilih motif atau pola pada keramik dinding dapur. Motif yang simetris seperti kotak-kotak atau garis-garis akan memberikan kesan rapi dan formal pada dapur. Sedangkan motif yang tidak simetris seperti bunga atau daun akan menciptakan suasana yang lebih santai dan alami. Pilihlah motif yang sesuai dengan gaya dekorasi dapur Anda.

Pilih Jenis Keramik yang Tepat

Ada dua jenis keramik dinding dapur yang umum digunakan, yaitu keramik glossy dan keramik matte. Keramik glossy memiliki permukaan yang halus dan mengkilap sehingga mudah dibersihkan. Namun, keramik glossy juga cenderung lebih licin dan mudah tergores. Sedangkan keramik matte memiliki permukaan yang kasar dan tidak mengkilap sehingga tidak mudah tergores. Namun, keramik matte juga cenderung lebih sulit dibersihkan.

Selain itu, Anda juga bisa memilih jenis keramik yang anti gores dan anti noda. Keramik jenis ini akan memudahkan Anda dalam merawat dapur dan menjaga kebersihan dinding dapur. Namun, keramik jenis ini biasanya lebih mahal daripada keramik biasa.

Pilih Ukuran yang Tepat

Ukuran keramik dinding dapur juga perlu dipertimbangkan dengan baik. Keramik yang terlalu besar atau terlalu kecil bisa membuat dapur terlihat tidak seimbang. Selain itu, ukuran keramik juga akan mempengaruhi waktu pemasangan dan biaya renovasi dapur.

Ukuran keramik yang paling umum digunakan untuk dinding dapur adalah 10×10 cm atau 20×20 cm. Namun, jika Anda menginginkan tampilan yang lebih modern, Anda bisa memilih ukuran keramik yang lebih besar seperti 30×30 cm atau 40×40 cm.

Pilih Brand yang Terpercaya

Brand keramik dinding dapur juga perlu dipertimbangkan dengan baik. Pilihlah brand yang sudah terpercaya dan memiliki reputasi yang baik di pasaran. Brand yang terpercaya biasanya menawarkan produk-produk berkualitas dengan harga yang wajar.

Selain itu, brand yang terpercaya juga akan memberikan jaminan garansi terhadap produknya. Hal ini akan memberikan rasa aman dan tenang bagi Anda dalam menggunakan produk tersebut. Jangan mudah tergiur dengan harga yang murah namun kualitasnya meragukan.

Kesimpulan

Memilih keramik dinding dapur bukanlah perkara mudah. Ada banyak faktor yang perlu dipertimbangkan, seperti warna, jenis, dan ukuran. Namun, dengan memperhatikan tips-tips di atas, Anda akan lebih mudah dalam memilih keramik dinding dapur yang tepat untuk dapur Anda. Selain itu, pastikan Anda memilih brand yang terpercaya dan memiliki reputasi yang baik di pasaran.

Pertanyaan yang Sering Diajukan

1. Apakah keramik dinding dapur harus selalu glossy?

Tidak harus selalu glossy. Anda bisa memilih keramik matte yang memiliki permukaan yang kasar dan tidak mengkilap sehingga tidak mudah tergores.

2. Apakah ukuran keramik dinding dapur harus sama dengan ukuran lantai dapur?

Tidak harus sama. Ukuran keramik dinding dapur bisa disesuaikan dengan ukuran lantai dapur atau bisa juga berbeda.

3. Berapa harga keramik dinding dapur?

Harga keramik dinding dapur bervariasi tergantung pada jenis, warna, dan brand. Namun, harga keramik dinding dapur berkisar antara Rp 100.000 hingga Rp 500.000 per meter persegi.

4. Apakah ada brand keramik dinding dapur yang terkenal dan terpercaya di Indonesia?

Ada beberapa brand keramik dinding dapur yang terkenal dan terpercaya di Indonesia, seperti Keramika Roman, Platinum Ceramics, dan Mulia Ceramics.

5. Apakah keramik dinding dapur tahan lama?

Keramik dinding dapur cenderung tahan lama dan tidak mudah rusak jika dirawat dengan baik. Namun, keramik dinding dapur bisa tergores atau retak jika terkena benturan yang keras.

Related video of Tips Memilih Keramik Dinding Dapur