Tips Mencari Judul Skripsi yang Tepat untuk Mahasiswa

0
177

Tips Mencari Judul SkripsiSource: bing.com

Menentukan judul skripsi merupakan langkah awal yang harus diambil oleh mahasiswa sebelum memulai proses penulisan skripsi. Namun, tidak semua mahasiswa merasa mudah dalam menemukan judul skripsi yang tepat. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar judul skripsi yang ditentukan dapat menjadi acuan yang baik dalam proses penulisan skripsi.

1. Pilihlah Topik yang Disukai

Pertama-tama, pilihlah topik yang disukai dan sesuai dengan minat. Hal ini akan memudahkan mahasiswa dalam mempersiapkan skripsi dengan lebih baik karena mahasiswa akan lebih senang melakukan penelitian pada topik yang disukai. Selain itu, minat yang dimiliki juga dapat memotivasi mahasiswa untuk terus belajar dan mendalami topik tersebut.

Contohnya, jika mahasiswa memiliki minat pada kesehatan, maka mahasiswa dapat menentukan topik skripsi yang berkaitan dengan kesehatan seperti “Pengaruh Gaya Hidup Sehat Terhadap Kualitas Hidup Pada Masyarakat”. Dengan menentukan topik yang disukai, mahasiswa akan lebih mudah untuk menentukan fokus penelitian dan mengumpulkan data yang relevan.

2. Tentukan Masalah yang Ingin Dipecahkan

Setelah menentukan topik yang disukai, langkah selanjutnya adalah menentukan masalah yang ingin dipecahkan. Mahasiswa harus dapat menentukan masalah yang spesifik dan dapat dijawab dengan penelitian yang dilakukan. Masalah yang spesifik akan memudahkan mahasiswa dalam mempersempit ruang lingkup penelitian dan menghindari penelitian yang terlalu luas.

Contohnya, jika mahasiswa menentukan topik skripsi yang berkaitan dengan kesehatan, maka mahasiswa dapat menentukan masalah yang ingin dipecahkan seperti “Bagaimana Pengaruh Olahraga Terhadap Kesehatan Mental pada Remaja”. Masalah yang spesifik akan memudahkan mahasiswa dalam merumuskan tujuan penelitian dan menentukan metode penelitian yang tepat.

3. Lakukan Penelitian Terlebih Dahulu

Sebelum menentukan judul skripsi, mahasiswa harus melakukan penelitian terlebih dahulu untuk mengetahui apakah topik yang dipilih sudah banyak diteliti atau belum. Hal ini akan memudahkan mahasiswa dalam menentukan sudut pandang yang berbeda dari penelitian yang sudah ada atau menemukan celah penelitian yang belum diteliti.

Contohnya, jika mahasiswa ingin meneliti tentang pengaruh olahraga terhadap kesehatan mental pada remaja, maka mahasiswa harus mencari referensi atau jurnal-jurnal terkait yang sudah pernah dilakukan oleh peneliti lain. Dari hasil penelitian tersebut, mahasiswa dapat menemukan celah penelitian yang belum diteliti atau menemukan sudut pandang yang berbeda dari penelitian yang sudah ada.

4. Gunakan Kata Kunci yang Tepat

Kata kunci atau keyword sangat penting dalam menentukan judul skripsi. Mahasiswa harus memilih kata kunci yang tepat agar judul skripsi dapat ditemukan dengan mudah oleh dosen penguji atau pembaca skripsi. Selain itu, kata kunci yang tepat juga akan memudahkan mahasiswa dalam mencari referensi yang relevan dengan topik yang dipilih.

Contohnya, jika mahasiswa ingin meneliti tentang pengaruh olahraga terhadap kesehatan mental pada remaja, maka kata kunci yang tepat adalah olahraga, kesehatan mental, dan remaja. Dengan menggunakan kata kunci yang tepat, mahasiswa akan lebih mudah dalam mencari referensi atau jurnal-jurnal terkait yang dapat digunakan sebagai acuan dalam penulisan skripsi.

5. Diskusikan dengan Dosen Pembimbing

Langkah terakhir dalam menentukan judul skripsi adalah mendiskusikan dengan dosen pembimbing. Dosen pembimbing dapat memberikan masukan atau saran terkait topik atau masalah yang dipilih oleh mahasiswa. Selain itu, dosen pembimbing juga dapat membantu mahasiswa dalam mempersempit ruang lingkup penelitian dan menentukan metode penelitian yang tepat.

Contohnya, jika mahasiswa ingin meneliti tentang pengaruh olahraga terhadap kesehatan mental pada remaja, maka mahasiswa dapat berkonsultasi dengan dosen pembimbing untuk memastikan bahwa topik tersebut masih relevan dan dapat diteliti dengan metode penelitian yang tepat.

Pertanyaan yang Sering Diajukan tentang Tips Mencari Judul Skripsi

1. Apa yang harus dilakukan jika topik yang dipilih sudah banyak diteliti?

Jawab: Mahasiswa harus mencari celah penelitian yang belum diteliti atau menemukan sudut pandang yang berbeda dari penelitian yang sudah ada.

2. Bagaimana cara menentukan masalah yang spesifik?

Jawab: Mahasiswa harus dapat menentukan masalah yang dapat dijawab dengan penelitian yang dilakukan dan tidak terlalu luas.

3. Apa yang harus dilakukan jika mahasiswa kesulitan dalam menentukan judul skripsi?

Jawab: Mahasiswa dapat berkonsultasi dengan dosen pembimbing untuk mendapatkan masukan atau saran terkait topik atau masalah yang dipilih.

4. Mengapa kata kunci atau keyword sangat penting dalam menentukan judul skripsi?

Jawab: Kata kunci atau keyword sangat penting karena dapat memudahkan mahasiswa dalam mencari referensi yang relevan dengan topik yang dipilih dan judul skripsi dapat ditemukan dengan mudah oleh dosen penguji atau pembaca skripsi.

5. Apa yang harus dilakukan setelah menentukan judul skripsi?

Jawab: Setelah menentukan judul skripsi, mahasiswa harus merumuskan tujuan penelitian dan menentukan metode penelitian yang tepat.

Related video of Tips Mencari Judul Skripsi yang Tepat untuk Mahasiswa