Tips Menghilangkan Karang Gigi: Cara Mudah dan Efektif

0
701

Tips Menghilangkan Karang GigiSource: bing.com

Karang gigi menjadi masalah yang umum terjadi pada gigi. Karang gigi terbentuk akibat penumpukan plak yang mengeras pada permukaan gigi. Karang gigi dapat menimbulkan berbagai masalah gigi seperti bau mulut, gigi berlubang, hingga gigi goyang. Oleh karena itu, penting untuk menghilangkan karang gigi secara rutin. Berikut adalah beberapa tips menghilangkan karang gigi yang bisa Anda lakukan dengan mudah dan efektif.

1. Sikat gigi secara teratur

Sikat gigi adalah cara paling sederhana dan mudah untuk mencegah karang gigi. Pastikan untuk menyikat gigi setidaknya dua kali sehari, pagi dan malam sebelum tidur. Gunakan pasta gigi yang mengandung fluoride untuk membantu memperkuat enamel gigi dan mencegah pembentukan karang gigi. Jangan lupa untuk mengganti sikat gigi Anda setiap tiga bulan sekali.

2. Gunakan dental floss

Dental floss atau benang gigi adalah alat yang digunakan untuk membersihkan sela-sela gigi. Membersihkan sela-sela gigi dengan dental floss dapat mencegah penumpukan plak dan karang gigi. Gunakan dental floss setidaknya sekali sehari, idealnya sebelum tidur di malam hari.

3. Berkumur dengan mouthwash

Mouthwash atau obat kumur adalah cairan yang digunakan untuk membunuh bakteri di mulut. Berkumur dengan mouthwash dapat membantu mencegah pembentukan karang gigi dan bau mulut. Gunakan mouthwash setelah menyikat gigi dan dental floss untuk hasil yang optimal.

4. Hindari makanan dan minuman yang mengandung gula

Makanan dan minuman yang mengandung gula dapat menyebabkan plak dan karang gigi. Hindari makanan dan minuman yang mengandung gula berlebihan, seperti permen, kue, soda, dan minuman bersoda. Jika Anda ingin mengonsumsi makanan atau minuman yang mengandung gula, pastikan untuk menyikat gigi dan berkumur dengan mouthwash setelahnya.

5. Lakukan scaling dan root planing

Jika karang gigi sudah terbentuk dan sulit dihilangkan dengan metode yang disebutkan di atas, Anda dapat melakukan scaling dan root planing. Scaling adalah prosedur pembersihan karang gigi yang dilakukan oleh dokter gigi dengan menggunakan alat khusus. Sedangkan root planing adalah prosedur yang dilakukan untuk membersihkan akar gigi dan permukaan akar yang terkena infeksi.

Itulah beberapa tips menghilangkan karang gigi yang bisa Anda lakukan dengan mudah dan efektif. Jangan lupa untuk menjaga kebersihan mulut dan gigi Anda secara rutin untuk mencegah pembentukan karang gigi dan masalah gigi lainnya.

Pertanyaan yang Sering Diajukan

1. Apa itu karang gigi?

Karang gigi atau tartar adalah plak yang mengeras pada permukaan gigi. Karang gigi dapat menyebabkan berbagai masalah gigi seperti bau mulut, gigi berlubang, hingga gigi goyang.

2. Bagaimana cara mencegah karang gigi?

Beberapa cara mencegah karang gigi antara lain dengan menyikat gigi secara teratur, menggunakan dental floss, berkumur dengan mouthwash, menghindari makanan dan minuman yang mengandung gula, serta melakukan scaling dan root planing jika karang gigi sudah terbentuk.

3. Apa yang terjadi jika karang gigi tidak dihilangkan?

Jika karang gigi tidak dihilangkan, dapat menyebabkan masalah gigi seperti bau mulut, gigi berlubang, hingga gigi goyang. Hal tersebut dapat menyebabkan masalah kesehatan gigi yang lebih serius jika tidak diatasi dengan cepat.

4. Berapa sering saya harus melakukan pembersihan karang gigi?

Anda disarankan untuk melakukan pembersihan karang gigi setidaknya dua kali setahun di klinik gigi. Namun, jika Anda memiliki masalah gigi yang lebih serius, dokter gigi mungkin akan menyarankan Anda untuk melakukan pembersihan karang gigi lebih sering.

5. Apakah saya perlu melakukan scaling dan root planing?

Scaling dan root planing dianjurkan jika karang gigi sudah terbentuk dan sulit dihilangkan dengan metode yang disebutkan di atas. Namun, keputusan untuk melakukan scaling dan root planing harus dibuat oleh dokter gigi setelah melakukan pemeriksaan dan evaluasi kondisi gigi Anda.

Related video of Tips Menghilangkan Karang Gigi: Cara Mudah dan Efektif