Tips Pilih Concealer untuk Tampil Cantik dan Segar

0
193

Tips Pilih ConcealerSource: bing.com

Concealer merupakan produk kecantikan yang sangat penting untuk menyamarkan kekurangan pada wajah, seperti kantung mata, noda hitam, dan jerawat. Namun, memilih concealer yang tepat tidaklah mudah. Ada beberapa faktor yang perlu diperhatikan sebelum membeli concealer agar hasilnya maksimal dan sesuai dengan kebutuhan. Berikut ini adalah beberapa tips pilih concealer untuk tampil cantik dan segar.

Pilih Warna yang Sesuai dengan Kulit

Saat memilih concealer, pastikan untuk memilih warna yang sesuai dengan warna kulitmu. Jangan memilih warna yang terlalu terang atau terlalu gelap dari warna kulitmu karena hal ini akan membuat hasil riasanmu terlihat tidak natural. Untuk mengetahui warna yang tepat, coba aplikasikan concealer di bagian bawah mata atau pada area yang ingin disamarkan. Warna concealer yang tepat adalah warna yang dapat menyamarkan kekurangan tanpa meninggalkan bekas atau membuat kulitmu terlihat berbeda.

Selain warna dasar, perhatikan juga warna-warna lain yang terdapat pada kulitmu. Misalnya, jika kamu memiliki noda hitam atau kemerahan pada wajah, kamu perlu memilih concealer dengan warna khusus yang dapat menyamarkan noda tersebut. Warna-warna khusus ini biasanya dibedakan dengan kode atau nama tertentu, seperti green untuk menyamarkan kemerahan, dan peach atau orange untuk menyamarkan noda hitam atau kebiruan.

Pilih Jenis yang Sesuai dengan Kebutuhan

Concealer tersedia dalam berbagai jenis, mulai dari yang berbentuk cair hingga yang berbentuk stick atau krim. Pilih jenis concealer yang sesuai dengan kebutuhanmu. Jika kamu memiliki kantung mata yang cukup parah, kamu dapat memilih concealer dengan bentuk cair yang lebih ringan dan mudah diaplikasikan. Namun, jika kamu ingin menyamarkan bekas jerawat atau noda hitam yang cukup besar, kamu dapat memilih concealer dengan bentuk stick atau krim yang lebih tebal dan tahan lama.

Selain jenis, perhatikan juga kandungan dan manfaat dari concealer yang kamu pilih. Beberapa concealer mengandung bahan-bahan yang dapat membantu merawat kulit, seperti vitamin C dan E, atau hyaluronic acid yang dapat membantu menghidrasi kulit. Pilihlah concealer yang sesuai dengan kebutuhan kulitmu untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal.

Coba Sebelum Membeli

Sebelum membeli concealer, coba aplikasikan terlebih dahulu pada kulitmu. Hal ini penting untuk mengetahui apakah concealer tersebut sesuai dengan warna dan jenis kulitmu. Selain itu, coba aplikasikan concealer pada area yang ingin disamarkan dan perhatikan hasilnya. Jika hasilnya sudah sesuai dengan keinginanmu, barulah kamu dapat membeli concealer tersebut.

Jangan lupa juga untuk mencoba concealer di bawah sinar matahari atau di tempat yang cukup terang. Hal ini membantu kamu untuk melihat hasil concealer secara lebih jelas dan natural. Jangan terburu-buru membeli concealer hanya karena tertarik dengan kemasannya atau promosi yang diberikan. Pastikan kamu membeli concealer yang sesuai dengan kebutuhanmu dan memberikan hasil yang maksimal.

Aplikasikan dengan Benar

Setelah memilih concealer yang tepat, langkah selanjutnya adalah mengaplikasikannya dengan benar. Gunakan jari atau kuas concealer yang tepat untuk mengaplikasikan concealer pada area yang ingin disamarkan. Jangan terlalu banyak mengaplikasikan concealer agar hasilnya tidak terlihat berlebihan atau tebal.

Pastikan juga untuk meratakan concealer dengan baik dan menyatu dengan foundation atau produk kecantikan lainnya. Jangan lupa untuk menambahkan bedak atau setting powder pada area yang diaplikasikan concealer untuk menghindari concealer agar tidak luntur atau cepat hilang.

Bersihkan dengan Baik

Setelah selesai menggunakan concealer, pastikan untuk membersihkannya dengan baik agar tidak menimbulkan masalah pada kulitmu. Gunakan pembersih wajah atau makeup remover yang tepat untuk membersihkan sisa-sisa concealer pada kulitmu. Jangan biarkan concealer menempel terlalu lama pada kulit karena dapat menyumbat pori-pori dan menimbulkan masalah kulit lainnya.

Dengan memilih concealer yang tepat dan mengaplikasikannya dengan benar, kamu dapat tampil cantik dan segar setiap saat. Perhatikan tips pilih concealer di atas dan dapatkan hasil riasan yang maksimal.

Pertanyaan dan Jawaban seputar Tips Pilih Concealer

1. Apakah concealer dapat menimbulkan masalah pada kulit?

Concealer sendiri tidak menimbulkan masalah pada kulit. Namun, jika kamu tidak membersihkan concealer dengan baik atau memilih concealer yang tidak sesuai dengan jenis kulitmu, hal ini dapat menimbulkan masalah pada kulitmu, seperti jerawat atau iritasi.

2. Berapa kali sehari sebaiknya menggunakan concealer?

Tidak ada aturan khusus mengenai berapa kali sehari sebaiknya menggunakan concealer. Namun, sebaiknya kamu tidak terlalu sering menggunakan concealer agar tidak membuat kulitmu terlalu kering atau iritasi. Gunakan concealer hanya ketika dibutuhkan dan pastikan untuk membersihkan sisa-sisa concealer dengan baik setelah digunakan.

3. Apakah concealer dapat digunakan sebagai pengganti foundation?

Concealer tidak dapat digunakan sebagai pengganti foundation karena fungsinya yang berbeda. Concealer digunakan untuk menyamarkan kekurangan pada wajah, sedangkan foundation digunakan untuk menyamarkan noda atau ketidaksempurnaan pada kulit secara keseluruhan. Namun, kamu dapat menggunakan concealer sebagai base makeup sebelum menggunakan foundation untuk hasil riasan yang lebih maksimal.

4. Apakah concealer dapat digunakan pada area mata yang sensitif?

Concealer dapat digunakan pada area mata yang sensitif, namun pastikan untuk memilih concealer yang cocok untuk area mata dan tidak mengandung bahan-bahan yang dapat menimbulkan iritasi atau alergi. Selain itu, gunakan concealer dengan cara yang benar dan jangan terlalu banyak mengaplikasikannya agar tidak membuat area mata terlalu kering.

5. Berapa lama concealer dapat bertahan pada kulit?

Lama ketahanan concealer tergantung pada jenis dan merek concealer yang kamu gunakan. Beberapa concealer dapat bertahan hingga 8 jam, sedangkan beberapa lainnya hanya bertahan beberapa jam saja. Pastikan untuk memilih concealer yang sesuai dengan kebutuhanmu dan memberikan hasil yang tahan lama.

Related video of Tips Pilih Concealer untuk Tampil Cantik dan Segar