Udang Tarakan Paling Baik Di Dunia, Petani Tambak Diminta Meningkatkan Konsistensi Tersebut

0
3628
Udang Black Tiger dari Tarakan masih yang terbaik di Dunia (google)
Udang Black Tiger dari Tarakan masih yang terbaik di Dunia (google)
Udang Black Tiger dari Tarakan masih yang terbaik di Dunia (google)

MBNews, Tarakan – Udang windu (Penaeus monodon) dari tambak di perairan Kalimantan utara yang dikelola di Kota Tarakan masih menjadi primadona konsumen mancanegara khususnya di negara Jepang.

Kepala Bidang Pengembangan Usaha Perikanan dan Keluatan Dinas Kelautan dan Perikanan Kota Tarakan Ersan, Sabtu (26/7/2014) mengatakan, kualitas udang khususnya jenis black tiger prawn Tarakan adalah yang terbaik di dunia, sehingga pengusaha tambak di Tarakan diharapkan terus meningkatkan produksi hasil udangnya.

“Kualitas udang yang baik di mata dunia tersebut diharapkan mampu dipertahankan oleh petani tambak di Tarakan.” Kata Ersan

Selain itu Dinas Kelautan dan Perikanan membantu petambak udang di Tarakan meningkatkan pemahaman bagaimana melakukan budidaya yang baik dan benar dan petambak mendapatkan sertifikasi telah baik dalam mengelola tambak.

“Dalam 1 tahun, perusahaan penampungan udang di Tarakan mampu mengirim 13.000 ton udang dengan tujuan utama yakni 72% negara Jepang dan tiap tahunnya diperkirakan permintaan terus meningkat antara 5% hingga 10%.” Ungkap Ersan (HFA)