Yuk Kenali Istilah dan Teknik Stand Up Comedy

0
1499

IMG_0492Merahbirunews.com, Stand Up Comedy adalah orang yang melawak secara tunggal atau single. Stand Up Comedian atau yang dikenal di Indonesia dengan Komika harus membuat materi mereka sendiri yang kiranya lucu. Kelucuan dalam Stand Up Comedy ini tergantung pada cara menyampaikan dan materi dari para pelaku tersebut. Jika materi bagus tapi penyampaiannya jelek sangat percuma. Ingin menjadi komika? Anda wajib tahu tentang istilah dan teknik stand up comedy berikut :

1Bit

Bit Itu artinya lelucon. Bit ini adalah dasar dari Stand Up Comedy dan jika hanya dengan Bit belom bisa di bilang sempurna harus ada Set Up dan Premis yang nanti akan dibahas. Bit ini juga di bagi 2 yaitu bit dan blue bit. Kalau blue bit itu lelucon yang mengandung kata kasar dan penghinaan.

Contoh Bit : Saya adalah bintang iklan salep panu

2Set Up

Set Up itu seperti kata pengantar tang mengantarkan para penonton pada Jokes atau Bit. Kalau bit yang sudah menggunakan setup disebut Punch Line. Punch Line ini adalah bagian yang lucu dari suatu baris materi. Set Up ini juga disebut Premis

Contoh Setup : Jelek-jelek gini saya adalah bintang iklan (Set up), Bintang Iklan Salep Panu (Bit)

3Punch Line

Punch Line adalah baris dari suatu materi yang lucu dan yang digabungkan dengan Setup. Punch Line juga ada yang namanya Double Punch Line yaitu dua Bit setelah satu setup atau lebih lalu ada juga Rules of Three yaitu 2 setup dengan 1 Punch Line atau sebaliknya yang saling berkaitan.

Contoh Punch Line : Ngajarin Raditya Dika ngelawak itu kayak ngajarin Melly bikin lagu (Set Up 1). Ngajarin Deddy cara main sulap (Set Up 2). Atau ngajarin Syahrini cara bedakan (Punch Line).

4Act Out

Act Out adalah menggunakan gerakan atau fisik sebagai Bit dan Punch. Biasanya tingkat keberhasilanya tinggi

Contoh Act Out : Kalau lapar jangan nge-tweet, apa berharap tiba-tiba keluar makanan dari laptopnya (kemudian menunjukkan gerakan makanan keluar dari laptop)

5Heckler

Heckler adalah pengganggu dalam Stand Up Comedy. Heckler ini biasanya berteriak teriak saat Set Up atau menyuruh komika untuk turun. Biasanya komika justru mengatasinya dengan cara menghinanya sehingga bisa dijadikan Bit dan mereka jadi diam.

Contoh Heckler : Tolong dong kalau habis buang air disiram, ngambang nih dari tadi (sambil nunjuk ke Heckler)

6Call Back

Call Back yaitu teknik yang menggunakan punch line pada bit-bit sebelumnya sebagai punch line pada bit sekarang

Contoh Call Back :

Bit 1: Sekarang era digital, dan menurut saya bohong lewat BBM atau SMS itu lebih gampang daripada bohong face to face. Salah satu kebohongan paling sering dilakukan orang bahkan cuma 3 huruf: “OTW”. Temen udah BBM dengan panik: “PING!!! Bro, dimana , aku udah sampe nih!”, trus bales: “OTW bro!”. Padahal baru bangun tidur, masi kriyep-kriyep sambil garuk-garuk biji.

Bit 2: Kalo Tuhan punya twitter, ada yang minta folbek ga ya? Kalo iya, mungkin Tuhan akan jawab: “OK, tapi kita kopdar dulu ya”. Trus Tuhan twit ke @Malaikat_Pencabut_Nyawa: “Bro tolong dijemput bro”. Trus malaikatnya bales: “OTW bro!”.

7Impersonation

Impersonation adalah teknik peniruan tokoh, biasanya yang sudah terkenal. Peniruan bisa gaya bicara, gerak tubuh, dan kata-kata khasnya.

8Riffing

Riffing adalah mengajak penonton untuk berinteraksi. Biasanya menjadikan penonton sebagai objek joke. Hati-hati menggunakan riffing karena sering gagal atau mungkin menyinggung perasaan penonton.

9Self Bullying

Yaitu menjelek-jelekkan diri sendiri. biasanya sih komika ini yang emang sudah dari sononya jelek (Referensi : Kaskus) (hfa)