Peserta tour saat berada di Museum Khusus Sunan Drajat
Peserta tour saat berada di Museum Khusus Sunan Drajat

Majelis – Ta’lim Darul Hikam Kaltara mengadakan kegiatan wisata rohani ziarah walisongo + Gusdur, yang disukseskan oleh A2 Tour and Travel Tour Wisata Rohani, wisata rohani ini diikuti oleh 50 jamaah Darul Hikam Kaltara pada (22/4) sampai (26/4) yang dipimpin langsung oleh Ustad Muhammad Iqbal Selaku Ketua Majelis.

Seperti yang kita ketahui, Mengunjungi makam Wali Songo tersebut tidak boleh sembarangan. Ada aturan-aturan yang harus ditaati oleh para peziarah dan hal tersebut telah ditulis saat pertama kali memasuki kompleks makam.

Salah satu aturan tersebut adalah menyangkut tata krama di areal makam, menutup aurat, berwudhu’, tidak boleh ribut dan harus sopan. Kompleks makam ini turut dijaga beberapa orang juru kunci.

A2 Tour Dan Travel, Travelnya UMUM dan wisata religi.

Rangkaiaan Kegiatan Jamaah diantaranya diawali berziarah ke Makam Sunan Ampel yang berlokasi di Surabaya, dilanjutkan ke Makam Gusdur / KH. Abdurrahman Wahid Jombang, lalu pergi ke Makam Sunan Maulana Malik dan Makam Sunan Giri yang ada di Gresik, selanjutnya Makam Sunan Drajat yang terletak di Lamongan, perjalanan dilanjutkan ke Makam Sunan Bonang di Tuban, setelah itu dilanjutkan ke Makam Sunan Muria dan Makam Sunan Kudus di Kudus, perjalanan panjang lainnya ialah saat mengunjungi Makam Sunan Kalijaga, Makam Raja Demak, Masjid Agung Demak, Makam Sunan Gunung Jati (Cirebon), Masjid Istiqlal Jakarta dan ditutup dengan Kunjungan Ke Kantor PBNU Pusat yang disambut Langsung Oleh Ketua Lembaga Seni Budaya Muslimin Indonesia Nahdatul Ulama (Lesbumi NU) yaitu H. Drs. K.Ng. Agus Sunyoto, M.Pd (Penulis Suluk Abdul Jalil Edisi 1-7, Sastra Jendra Hayuningrat Pangruwatin, Rahuvana Tattwa dan Atlas Walisongo).

H. Drs. K.Ng. Agus Sunyoto, M.Pd Selaku Ketua Lesbumi Pusat juga berterima kasih kepada Majelis Ta’lim Darul Hikam Tarakan yang Mau mampir ke Kantor PBNU Pusat Jakarta. Ada sebuah tradisi apabila Lesbumi mendapat kunjungan dari daerah, maka akan dibalas dengan kunjungan yang sama dan akan di schedule kan diwaktu yang akan datang demikian yang disampaikan oleh H. Drs. K.Ng. Agus Sunyoto, M.Pd

Selama dalam melakukan Ziarah, Jamaah membaca amaliah yang dipimpin langsung oleh Ustad Muhammad Iqbal antara lain, Doa Arwah, Ratibul Haddad, Ratibul Attas, Manzil, Tarekah Allawiyin dan beberapa Qasidah.

Pimpinan Majelis Ta’lim Darul Hikam Kaltara, Ustad Muhammad Iqbal, yang kerap di sapa Kang Balut, Mengatakan, “Sebagaimana kita tahu bahwa para wali yang menyiarkan agama di tanah Jawa begitu terkenal, sehingga gaungnya pun tidak cuma berada di sekitar tanah air, melainkan juga sampai dikenal oleh dunia. Bahkan para peneliti dan tokoh Barat sangat heran dengan kiprah para wali tersebut, yang dianggap spektakuler dalam menyiarkan Islam di Jawa” imbuh Kang Balut.

peserta tour saat berada di Masjid Agung Demak
peserta tour saat berada di Masjid Agung Demak

“Ziarah mempunyai maksud untuk mengingat akan datangnya kematian dan adanya alam akhirat, hal itu yang dikatakan oleh Nabi. Akan tetapi kalau ziarahnya khusus seperti ke Walisongo, tentu mempunyai maksud untuk mengingat jasa, sikap dan warisan mereka yang sangat mulia” Tambah Kang Balut.

Hal serupa juga di utarakan oleh jamaah, H. Kamarudin Abham, Yang akrab disapa Pak Kamay yang mengatakan “Nah itu yang ingin kita warisi dari mereka dengan aktifitas ziarah ini. Kita ingin keluarga besar Darul Hikam Kaltara dapat mengamalkan nilai-nilai yang diwariskan oleh para wali tersebut” kata Pak Kamay.

Semoga Alloh meridhoi ibadah ziarah wali ini, sehingga anak saya mendapatkan barokah kesembuhan dari Alloh,” ucapnya dengan khusyuk.

A2 Tour and Travel Tour Wisata Rohani
A2 Tour and Travel Tour Wisata Rohani

A2 Tour and Travel Juga berterima kasih kepada Majelis Darul Hikam Kaltara karena telah memberikan Kepercayaan kepada kami untuk Menjalankan Kegiatan Tour Walisongo + Gusdur ini. Jika ada yang Berminat untuk melakukan Tour wisata religi bersama kami, dapat menghubungi kami di 081257770076 (Muhammad Faridl) (adv/fya)