Apa yang Harus Dilakukan Sebelum Imlek?

0
60

Apa yang Harus Dilakukan Sebelum Imlek?

Imlek adalah perayaan tahun baru Cina yang dirayakan oleh masyarakat Tionghoa di seluruh dunia. Imlek biasanya jatuh pada akhir Januari atau awal Februari. Sebelum Imlek tiba, ada beberapa hal yang harus dilakukan untuk mempersiapkan diri.

1. Bersihkan Rumah

Salah satu hal terpenting yang harus dilakukan sebelum Imlek adalah membersihkan rumah. Rumah harus bersih dari debu, kotoran, dan sampah agar membawa keberuntungan di tahun yang baru. Biasanya, pembersihan rumah ini dilakukan beberapa minggu sebelum Imlek.

2. Hiasi Rumah

Setelah rumah bersih, saatnya untuk menghiasinya. Dekorasi Imlek biasanya berwarna merah dan emas, melambangkan kemakmuran dan keberuntungan. Beberapa dekorasi umum Imlek meliputi:

  • Lentera merah: Lentera merah biasanya digantung di luar rumah atau di pintu masuk. Lentera ini melambangkan cahaya dan keberuntungan.
  • Kertas guntingan: Kertas guntingan biasanya ditempel di jendela atau pintu. Kertas guntingan ini biasanya berbentuk hewan, bunga, atau karakter Cina yang melambangkan keberuntungan.
  • Pohon Mei Hua: Pohon Mei Hua adalah pohon bunga plum yang melambangkan ketahanan dan keberuntungan. Pohon ini sering dipajang di dalam rumah selama Tahun Baru Imlek.
  • Kumquat: Kumquat adalah jenis jeruk kecil yang melambangkan keberuntungan dan kemakmuran. Kumquat biasanya dipajang di dalam mangkuk atau vas.

3. Siapkan Makanan

Makanan merupakan bagian penting dari perayaan Imlek. Beberapa makanan umum yang disajikan selama Imlek meliputi:

  • Jiaozi: Jiaozi adalah pangsit rebus atau goreng yang biasanya diisi dengan daging babi, udang, atau sayuran.
  • Mie panjang: Mie panjang melambangkan umur panjang dan keberuntungan. Mie panjang biasanya disajikan dengan saus atau kuah.
  • Kue beras: Kue beras melambangkan kemakmuran dan keberuntungan. Kue beras biasanya disajikan dengan gula merah atau kacang merah.
  • Ikan: Ikan melambangkan kelimpahan dan keberuntungan. Ikan biasanya disajikan utuh dengan kepala dan ekornya masih menempel.

4. Berikan Angpau

Angpau adalah amplop merah yang berisi uang. Angpau biasanya diberikan kepada anak-anak dan orang tua sebagai hadiah Tahun Baru. Angpau melambangkan keberuntungan dan kemakmuran.

5. Kumpul Bersama Keluarga

Imlek adalah saat yang tepat untuk berkumpul bersama keluarga. Keluarga biasanya berkumpul untuk makan malam bersama dan saling memberikan hadiah. Kumpul bersama keluarga melambangkan keharmonisan dan kebersamaan.

Kesimpulan

Imlek adalah perayaan tahun baru Cina yang dirayakan oleh masyarakat Tionghoa di seluruh dunia. Sebelum Imlek tiba, ada beberapa hal yang harus dilakukan untuk mempersiapkan diri, seperti membersihkan rumah, menghias rumah, menyiapkan makanan, memberikan angpau, dan berkumpul bersama keluarga.

Pertanyaan dan Jawaban

  • Apa saja yang harus dilakukan sebelum Imlek?

Sebelum Imlek, perlu membersihkan rumah, mendekorasi rumah, menyiapkan makanan, memberikan angpau, dan berkumpul bersama keluarga.

  • Apa makna dari membersihkan rumah sebelum Imlek?

Membersihkan rumah sebelum Imlek melambangkan membuang nasib buruk dan membawa keberuntungan di tahun yang baru.

  • Apa saja dekorasi umum Imlek?

Dekorasi umum Imlek meliputi lentera merah, kertas guntingan, pohon Mei Hua, dan kumquat.

  • Apa saja makanan umum yang disajikan selama Imlek?

Makanan umum yang disajikan selama Imlek meliputi jiaozi, mie panjang, kue beras, dan ikan.

  • Apa makna dari memberikan angpau selama Imlek?

Memberikan angpau selama Imlek melambangkan keberuntungan dan kemakmuran.

  • Apa makna dari berkumpul bersama keluarga selama Imlek?

Berkumpul bersama keluarga selama Imlek melambangkan keharmonisan dan kebersamaan.