Asparnas Kepri Fest 2023 Digelar di area Tanjungpinang, Majukan Peluang Usaha Pariwisata juga UMKM Lokal

0
202

merahbirunews.com – Tanjungpinang – TCC Mall Tanjungpinang menjadi saksi kehebohan Asparnas Kepri Fest 2023, diselenggarakan untuk ketiga kalinya oleh DPD Asosiasi Wisata Nasional (Asparnas) Kepri bekerja identik dengan Dinas Kebudayaan & Perjalanan Perkotaan Tanjungpinang. Acara ini dipenuhi beragam kegiatan mulai dari 19 hingga 25 November 2023.

Ketua DPD Asparnas Kepri Mulyadi Tan menjelaskan bahwa Asparnas Kepri Fest atau yang digunakan disingkat AKF diadakan dengan tujuan meningkatkan gairah perekonomian wilayah melalui sektor pariwisata, mencakup pendidikan, UMKM, kebudayaan, lalu usaha korporat (tour & travel, perhotelan)

“AKF 2023 tak terasa telah memasuki tahun ke-3. Mengingat tahun pertama, kami melibatkan kegiatan talkshow, workshop, seminar, serta UMKM. Pada tahun kedua, kami menambahkan kegiatan lomba lantaran mengawasi prospek bakat yang melimpah pada kalangan generasi muda, penerus bangsa,” kata Mulyadi.

Untuk itu, dalam tahun ketiga, Asparnas kembali mengusung format yang tersebut identik namun dengan beragam kegiatan seperti perlombaan, talkshow, workshop, seminar, sektor perbankan, lalu layanan rakyat untuk memanjakan seluruh kalangan masyarakat.

“Sementara itu, perlombaan menjadi sorotan utama pada tahun ini. Pertama, lomba menyebabkan healthy dessert, di dalam mana kami mengundang Chef Eddrian Tjhia dari Jakarta, yang tersebut terkenal dengan masakan healthy food yang mudah namun lezat,” katanya.

Selain itu, ada lomba cosplay perdana  diadakan di area Pusat Kota Tanjungpinang. “Selama ini, event cosplay diikuti di area Batam. Namun, tahun ini, kami menghadirkan kelompok dari Batam untuk berkolaborasi di tempat Tanjungpinang. Semoga ke depannya dapat menjadi wadah bagi para pecinta cosplay untuk menyalurkan bakat aksi mereka,” tambahnya.

Ahi juga menjelaskan bahwa talkshow pada AKF 2023 menghadirkan pembicara nasional Helmy Yahya, pribadi pembawa acara, aktor, politikus, produser, lalu penulis yang digunakan familiar bagi generasi 70-80-an. “Beliau akan bergabung pada talkshow dengan tema ‘Penguatan UMKM bagi Perekonomian Daerah Pariwisata’,” ujar Mulyadi.

Di sisi pelayanan publik, Asparnas bekerja sebanding dengan Kantor Imigrasi Kelas 1 Tanjungpinang untuk memberikan kemudahan pembuatan paspor dalam TCC Mall. Selain itu, mereka itu juga bekerja mirip dengan Polres Tanjungpinang untuk menyediakan layanan SIM keliling serta pengecekan kebugaran bagi pengunjung AKF 2023.

“Polres Tanjungpinang juga akan meluncurkan Program Penyengat untuk memudahkan publik mendapatkan informasi terkait layanan kepolisian,” jelas Mulyadi.

“Kerja sebanding juga terjalin dengan KPP Pabean Bea Cukai Tanjungpinang yang mana menyediakan registrasi serta aktivasi IMEI bagi pengguna smartphone luar negeri. Semua layanan rakyat yang mana disebutkan dapat diakses di dalam TCC Mall selama satu minggu ini dengan jadwal masing-masing,” tambah Mulyadi.

Pelaku UMKM akan mendapatkan sesi talkshow penjelasan tentang Sertifikasi Halal, yang dimaksud merupakan salah satu kewajiban bagi semua produk-produk makanan lalu minuman pada 2024 nanti. Sertifikasi halal ini diinisiasi oleh DPD Asparnas Kepri untuk membantu eksekutif Daerah memberikan kenyamanan, keamanan, keselamatan, serta kepastian barang halal bagi masyarakat.

Mulyadi juga menyampaikan bahwa Asparnas memberikan ruang bagi pelaku pendidikan, sanggar seni, kemudian entrepreneur untuk memperkenalkan produk, jasa, keahlian, kemudian seni budaya wilayah sebagai hiburan dan juga tambahan wawasan bagi warga Tanjungpinang serta Kepri pada umumnya.

“Informasi terakhir, jumlah keseluruhan kontestan UMKM tahun ini mencapai 120 tenant, dengan 20 booth expo, serta keunikan tahun ini adalah adanya wall Interactive di area belakang booth expo untuk pengunjung AKF 2023, bekerja sejenis dengan PIXEL. Target pengunjung kami tahun ini adalah sebanyak 7.000 orang dengan total pemasukan mencapai 1 miliar di seminggu ini,” kata ia tentang pameran di area Tanjungpinang tersebut. 

YOGI EKA SAHPUTRA

Alun-alun Gurindam 12, Destinasi Baru Wisata Waktu petang dalam Tanjungpinang