Baznas Libatkan HMI Sensus Mustahiq

0
383
Penandatangan Mou Baznas dan HMI Cabang Tarakan, Pendataan Mustahiq 2015
Penandatangan Mou Baznas dan HMI Cabang Tarakan, Pendataan Mustahiq 2015

MBNews, Tarakan – Untuk mendapatkan keakuratan data mustahiq (orang yang berhak menerima zakat,red) Badan Amil Zakat nasional (Baznas) Kota tarakan melakukan Memorandum Of Understanding (MoU) dengan Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) yang nanti bertugas melakukan sensus mustahiq se-kota Tarakan.

Kepala Pelaksana Baznas Tarakan Syamsi Sarman mengatakan, selain tetap menggunakan hasil pendataan mustahiq yang dilakukan Ketua RT, Baznas juga memerlukan data pembanding dan ini yang dikerjakan Mahasiswa HMI.

“Baznas sudah melakukan MoU dengan HMI, untuk melakukan sensus mustahiq, ada 50 petugas dari HMI nantinya mendata mustahiq di 20 kelurahan,”ungkap Syamsi usai melakukan pertemuan dengan HMI digedung Baznas Tarakan, Rabu (6/5/2015).

Dipilihnya Mahasiswa yang tergabung dalam HMI menjadi petugas sensus mustahiq, tidak lain disebabkan mahasiswa dalam melakukan pendataan menggunakan standar akademis, sehingga data msutahiq yang telah disensus bisa dipertanggung jawabkan.

“Bukan tidak percaya dengan data dari ketua RT, data dari ketua RT tetap digunakan, namun pada saat yang sama data sensus yang dilakukan HMI juga digunakan. Jika terdapat selisih jumlah mustahiq, maka Baznas beserta tim turun kelapangan untuk menelusurinya,” jelasnya.

Syamsi memastikan, dari sensus mustahiq yang dilakukan HMI serta data dari ketua RT, nantinya menjadi acuan jumlah orang yang berhak menerima zakat yang biasanya dibagikan jelang Idul Fitri. Untuk tahun 2014, jumlah mustahiq sebanyak 11.000 jiwa dan dipastikan angka tersebut akan bertambah 10 persen pada tahun ini.

“Setiap tahunnya ada kenaikan orang yang berhak menerima zakat, kenaikan jumlah mustahiq tersebut belum bisa diketahui hingga selesainya sensus yang dilakukan HMI serta data yang diberikan ketua RT,” tuntas Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kota Tarakan ini. (nur)