BMKG Prediksi Hujan Siang hingga Menjelang Malam di tempat Bandung pada 7-9 November

0
652

merahbirunews.com – Jakarta – Badan Meteorologi, Klimatologi lalu Geofisika (BMKG) memprediksi prospek hujan dari siang hingga mendekati malam di dalam Bandung selama tiga hari pada 7-9 November 2023. Kepala Stasiun Geofisika BMKG Bandung Teguh Rahayu mengatakan intensitas hujannya tergolong ringan hingga sedang. “Prakiraan untuk malam dan juga dini hari umumnya berawan hingga hujan ringan,” ujarnya, Selasa, 7 November 2023.   

Adapun cuaca pada pagi hari hingga siang umumnya cerah hingga berawan dengan suhu di dalam Bandung berkisar 20,8–30,8 derajat Celcius. Berdasarkan analisa BMKG, suhu maksimum pada Bandung pada siang hari pukul 12.00 hingga 15.00 berkisar 30-32 derajat Celcius. “Karena posisi matahari di dalam selatan katuliswa sehingga paparan sinarnya optimal, termasuk pada Bandung Raya,” kata Rahayu.

Faktor lain dari suhu terpanas itu terkait proses konveksi pertumbuhan awan hujan. Wilayah Bandung yang mana tengah masa peralihan musim dari kemarau ke penghujan atau pancaroba, ditandai oleh pertumbuhan awan rendah yang digunakan dapat tumbuh menjadi awan konvektif signifikan.

Menurut Rahayu, terdapat beberapa pengaruh lokal di tempat wilayah Bandung Raya yang mana menggalang peluang hujan dengan intensitas ringan hingga lebat serta dapat disertai petir dalam skala lokal serta berdurasi singkat. Faktor itu adalah suhu permukaan laut yang dimaksud relatif hangat di dalam sekitar perairan Indonesia sehingga meningkatkan peluang suplai uap air ke wilayah Indonesia, termasuk wilayah perairan Jawa Barat  bagian utara lalu selatan.

Udara diperkirakan relatif lembab 40–95 persen, juga kondisi atmosfer pada skala lokal berada pada kategori labil sedang hingga kuat di tempat wilayah Jawa Barat, termasuk Bandung Raya.

Adapun wilayah Bandung Raya diprediksi baru akan memasuki musim hujan pada dasarian kedua hingga ketiga pada November 2023 hingga puncaknya pada Februari sampai Maret 2024.

Saat ini wilayah Bandung Raya didominasi oleh angin timuran, namun angin baratan dilaporkan mulai terlihat terlibat memasuki wilayah Bandung Raya, terutama pada waktu siang, sore juga malam hari.

BMKG mengimbau warga lalu instansi terkait untuk waspada terhadap peluang dampak cuaca esktrem di dalam masa pancaroba. Khusus pada daerah bertopografi curam atau bergunung serta rawan longsor diminta waspada saat hujan dengan intensitas ringan hingga sedang yang terjadi selama beberapa hari berturut-turut.