Etnis tionghoa padati kuburan leluhur rayakan tradisi Ceng Beng

0
406
Salah satu warga tionghoa berikan penghormatan kepada leluhur (ctr)
Salah satu warga tionghoa berikan penghormatan kepada leluhur (ctr)
Salah satu warga tionghoa berikan penghormatan kepada leluhur (ctr)

MBNews, Tarakan – Memperingati perayaan Ceng Beng, Kuburan Cina yang terletak Jalan Kusuma Bangsa Kelurahan Gunung Lingkas Kota Tarakan ramai dikunjungi sejumlah warga tionghoa Sabtu (4/4/2015).

Parto yang merupakan penjaga kuburan cina mengatakan, perayaan ceng beng atau disebut ziarah kuburan ini dilaksanakan 2 kali dalam setahun oleh warga tionghoa. Untuk Perayaannya sendiri berlangsung selama 1 minggu dan akan berakhir pada tanggal 5 April 2015.

“Sudah ada ribuan penziarah datang untuk berdoa dan menaruh sajian untuk leluhurnya, disamping itu kami juga menuntun para penziarah yang datang namun lupa dimana kuburan leluhurnya,” Ungkap Parto

Sementara itu Liya salah satu penziarah menuturkan, selain berdoa pada ziarah dirinya dan keluarga juga membakar uang-uangan kertas, dupa, dan baju, kemudian membawakan buah-buahan dan makanan lainya seperti daging dan kue, untuk leluhur. Dikatakan, perayaan ini merupakan adat warga tionghoa yang sudah turun-temurun yang secara serentak dilakukan dimana pun.

“Perayaan ini dilakukan ada yang 1 kali dalam setahun dan ada yang 2 kali dalam setahun, karena setiap suku tionghoa berbeda-beda memaknainya, kemudian untuk uang kertas, baju kertas perhiasan kertas yang kami bakar dimaksudkan agar para leluhur kami bisa menggunakannya di alam yang saat ini mereka berada, begitu juga makanan-makanan yang kami sediakan,” Jelasnya (ctr/hfa)