Gizi dan Sanitasi Lingkungan untuk Mewujudkan Anak dengan Pertumbuhan Optimal

0
5
Sanitasi Lingkungan
Sanitasi Lingkungan

Memiliki anak dengan tumbuh kembang yang optimal adalah dambaan setiap orangtua. Untuk mewujudkannya tentu saja orang tua harus selalu memperhatikan, mengawasi, dan merawat anak secara seksama. Proses tumbuh kembang anak dapat berlangsung secara alamiah,tetapi proses tersebut sangat tergantung kepada orang dewasa atau orang tua. Periode penting dalam tumbuh kembang anak adalah masa balita. Pada masa ini pertumbuhan dasar akan mempengaruhi dan menentukan perkembangan anak selanjutnya. Pada masa balita ini perkembangan kemampuan berbahasa, kreativitas, kesadaran sosial, emosional, dan intelegensia berjalan sangat cepat dan merupakan landasan perkembangan berikutnya.

Terdapat beberapa hal yang penting untuk diperhatikan agar proses tumbuh kembang anak Anda dapat berlangsung optimal. Salah satunya adalah dengan memilih pakian yang  beraahan tepat dan membuatnya merasa nyaman. salah satu jenis pakaian bayi dengan bahan campuran katun dan polyester bersifat mudah kering, tahan kerut dan biasanya lebih murah dibandingkan dengan 100% katun. Untuk perawatannya pun tidaklah sulit. Anda dapat menggunakan deterjen untuk baju bayi setiap kali mencuci baju sang buah hati.

Kesadaran tentang kebersihan lingkungan juga tidak kalah penting,  yang terdiri dari kebersihan diri (personal hygiene) dan sanitasi lingkungan yang masih kurang menjadi salah satu penyebab kekurangan gizi utamanya di negara berkembang seperti Indonesia. Pendidikan kesehatan kepada masayarakat harus ditunjukkan bagaimana membuat lingkungan menjadi layak untuk tumbuh kembang anak, sehingga meningkatkan rasa aman bagi ibu/pengasuh anak dalam menyediakan kesempatan bagi anaknya untuk mengeksplorasi lingkungan.

Kebutuhan sanitasi lingkungan yang sehat akan mencegah anak terinfeksi dari kuman yang masuk melalui lingkungan yang tidak baik. Lingkungan yang bersih akan membantu mewujudkan hidup sehat, sehingga anak tidak akan mengalami gangguan dalam pertumbuhan dan perkembangan. Anda dapat mencegah penularan mikroorganisme patogen / parasite berbahaya dengan memberikan buah hati Anda sabun bayi yang tepat. Pelajari lebih dalam mengenai alasan yang menjadi dasar pentingnya memperhatikan kandungan sabun bayi Anda seperti yang dijelaskan pada link berikut https://www.sleekbaby.co.id/1000-hari-perlindungan/detail/4-alasan-mengapa-bunda-harus-memperhatikan-kandungan-antibacterial-pada-sabun-bayi