Indonesia Negara Paling Berpotensi Dalam Game Online Di Asia Tenggara

0
444
Ilustrasi Main Game Online (dailysocial.net)
Ilustrasi Main Game Online (dailysocial.net)

MBNews, Indonesia Negara Paling Berpotensi Dalam Game Online Di Asia Tenggara. Indonesia merupakan salah satu negara terdepan yang paling berpotensi dalam hal game online disusul oleh Thailand lalu Vietnam. Menurut riset yang dikeluarkan oleh Niko Partners, ketiga negara tersebut menghasilkan pendapatan yang sangat berpotensi dalam hal permainan online.

Secara total pasar permainan online di Asia Tenggara, baik yang berbasis PC maupun mobile, mencapai $784,4 juta (sekitar Rp 9,6 triliun menurut kurs hari ini) di tahun 2014.

Managing Partner Niko Partners Lisa Cosmas Hanson mengatakan bahwa pasar permainan di Asia Tenggara sering dibandingkan dengan Tiongkok dan saat ini hanya tertinggal beberapa tahun.

“Gamer di Asia Tenggara sangat menyukai  game online berbasis massively online battle arena (MOBA), shooter, dan mobile game, seperti di Tiongkok. Meskipun demikian, gamer Tiongkok yang berusia lebih tua masih menyukai MMORPG yang memang menghasilkan pendapatan lebih besar untuk pembuat game, segmen yang masih dihindari oleh gamer Asia Tenggara. Tantangan pengembang adalah meningkatkan pendapatan di jenis permainan yang digemari di Asia Tenggara,” tutur Lisa.

Berdasarkan riset yang dilakukan Niko Partners ini, terungkap bahwa terdapat 119 juta mobile gamer di Asia Tenggara. Angka ini lebih tinggi ketimbang 97 juta PC gamer, meskipun banyak orang yang menyukai keduanya. Disebutkan bahwa tahun ini hanya 7% PC gamer yang tidak bermain mobile game. Angka ini turun drastis ketimbang 25% di tahun 2013 lalu.

Niko memprediksikan Indonesia akan memberikan pertumbuhan pemasukan tertinggi hingga 2018, sedangkan Vietnam akan memimpin untuk pertumbuhan jumlah pemain game online untuk 4 tahun ke depan. Pemain besar segmen ini di Asia Tenggara di antaranya adalah Garena, OffGamers, Asiasoft, dan MOL. (dailysocialnet/XYD)