Indonesia Peringkat 107 Dalam Negara Terkorup

0
380
KPK Saat Penyelidikan (viva)
KPK Saat Penyelidikan (viva)
KPK Saat Penyelidikan (viva)
KPK Saat Penyelidikan (viva)

MBNews, Indonesia Peringkat 107 Dalam Negara Terkorup.Tingkat korupsi di Indonesia tampaknya belum menunjukkan perbaikan signifikan. Dalam indeks persepsi korupsi, Indonesia menduduki peringkat 107 dari 175 negara.

Menurut lembaga anti korupsi Transparency International, yang berkantor pusat di Jerman itu, Indonesia hanya mencatatkan skor 34. Skalanya, dari nol (korupsi tinggi) hingga 100 (bersih dari korupsi).

Indeks korupsi Indonesia jauh tertinggal dibanding negara tetangga, Malaysia. Negeri Melayu tersebut menduduki peringkat 50 dengan skor 52. Sementara itu, Filipina dan Sri Lanka menduduki peringkat 82 dengan skor 38. Selanjutnya, Singapura, berada di level 7 dengan 84 poin.

“Indeks persepsi korupsi 2014 menunjukkan bahwa pertumbuhan ekonomi telah dirusak dan upaya untuk menghentikan korupsi memudar, ketika para pemimpin dan pejabat tinggi menyalahgunakan kekuasaan untuk keuntungan pribadi,” kata José Ugaz, Ketua Transparency International, dikutip dari laman resminya, Minggu 7 Desember 2014.

Tingginya persepsi korupsi di negara-negara berkembang, seperti Indonesia, perlu upaya lebih lagi untuk memberangus korupsi. Sebab, sangat dimungkinkan, negara dengan tingkat korupsi rendah bakal “mengirim” korupsinya di negara berkembang.

“Negara-negara di bagian atas indeks harus memastikan mereka tidak mengekspor praktik korupsi ke negara-negara berkembang,” tutur Ugaz.

Lebih dari dua per tiga dari 175 negara dalam Indeks Persepsi Korupsi 2014 mendapatkan skor di bawah 50. Denmark berada di peringkat teratas dengan skor 92, sedangkan Korea Utara dan Somalia berbagi tempat terakhir, hanya mencetak delapan poin.(viva/XYD)