Inilah Daftar Merk Pembalut Berklorin Tinggi

0
367
Ilustrasi Pembalut
Ilustrasi Pembalut
Ilustrasi Pembalut
Ilustrasi Pembalut

Merahbirunews.com, Inilah Daftar Merk Pembalut Berklorin Tinggi. Produk pembalut sangat banyak ditemui di pasaran, selain cukup terjangkau pembalut juga dapat membantu wanita dalam masa menstruasi. Namun sudah pada tahu kah bahwa banyak merk pembalut yang ternyata mengandung klorin tinggi ? Klorin merupakan bahan kimia yang biasa digunakan sebagai pemutih.

Baca: Kemenkes: Pembalut Wanita Berklorin Ternyata Aman Digunakan

Adanya kandungan klorin ini terungkap dari hasil penelitian Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI). Penelitian dilakukan dengan mengambil sampel 9 merek pembalut wanita. Hasilnya, kadar klorin tertinggi didapat pada pembalut wanita merek Charm.

“Merk Charm terbukti mengandung kadar klorin tertinggi, yaitu 54,73 ppm (parts per million),” ujar peneliti YLKI Arum Dinta dalam jumpa pers di Kantor YLKI, Selasa (7/7/2015).

Kemudian, secara berturut-turut, yaitu merek Nina Anion (39,2 ppm), My Lady (24,44 ppm), VClass Ultra (17,74 ppm), Kotex (8,23 ppm), Hers Protex (7,93 ppm), Laurier (7,77 ppm), Softex (7,3 ppm), dan Softness Standar Jumbo Pack (6,05 ppm).

Pembelian sampel dilakukan dalam kurun waktu Desember 2014-Januari 2015 dari ritel modern, agen, dan toko. Uji laboratorium menggunakan metode analisis kimia spektrofotometri yang dilakukan di laboratorium TUV NORD Indonesia yang telah terakreditasi.

Arum menjelaskan, bahan pembalut yang digunakan tidak 100 persen dari kapas, melainkan ada yang menggunakan campuran bubuk kayu, dan limbah pakaian yang mengandung klorin. Penelitian ini pun, lanjut Arum, dilakukan untuk memenuhi hak konsumen untuk memakai produk yang aman.

Kandungan klorin pada pembalut dikhawatirkan dapat menganggu kesehatan organ intim wanita, yang menyebabkan risiko iritasi hingga keputihan. “Perusahaan harus memperhatikan keamanan produk yang dibuatnya, apalagi di daerah sensitif bagi wanita,” kata Arum.(kompas)