Cegah kerawanan jelang lebaran, Operasi Ketupat siap digelar

0
250
Kapolres Tarakan AKBP Sarif Rahman (hfa)
Kapolres Tarakan AKBP Sarif Rahman (hfa)
Kapolres Tarakan AKBP Sarif Rahman (hfa)

MBNews, Tarakan – Kepolisian bakal mengintensifkan pengamanan baik dijalur darat maupun laut saat memasuki hari raya Idul Fitri. “Mendekati lebaran akan dilakukan pengamanan lebaran, dimana mengentensifkan arus mudik di jalur pelabuhan maupun di bandara,” kata Kapolres Tarakan AKBP Sarif Rahman usai menggelar rapat dengan unsur muspida dan SKPD beserta Walikota Tarakan, Sofian Raga Selasa (7/7) di Mapolres Tarakan.

Polisi juga telah berkoordinasi dengan pemerintah maupun unsur SKPD terkait seperti KSOP, Syabandar, Dispridakop, Dishub, Dinkes dan PMI Kota Tarakan dalam menjaga keamanan pada arus mudik lebaran nanti.

“Pada operasi ketupat akan diturunkan seluruh personilnya untuk melakukan pengamanan, operasi sifatnya kemanusiaan, sehingga yang dikedepankan peristiwa humanistik, ada anggaran atau tidak ada Polisi tetap turun di lapangan,” Ucap Sarif

Polisi bakal menempatkan personil di pelabuhan bandara serta ditempat-tempat ibadah. Selain tidak hanya ditempat-tempat ibadah yang akan dilakukan pengamanan, namun juga di daerah tempat perbelanjaan dan perbankan.

“Saya menghimbau kepada masyarakat jika ada yang ingin mengambil uang dalam skala jumlah yang banyak, maka jangan segandatang ke kantor polisi untuk meminta pengamanan,” Tegas Sarif.

Polisi juga akan menempatkan personil dari sabhara untuk melakukan patroli diwilayah-wilayah yang rawan kriminalitas. “Patroli tetap dilakukan Tujuannya agar masyarakat melakukan aktifitasnya merasa nyaman dan terhindar dari tindak kejahatan,” Jelasnya.

Disamping itu, melihat situasi cuaca yang ekstrim saat ini, Kapolres menilai patut diantisipasi agar terhindari dari kecelakaan laut. Maka dari itu, pihaknya juga akan menempatkan posko di Syahbandar. (hfa)