Irman Gusman : Pancasila adalah Roh Bangsa Indonesia

0
279
Ketua DPD RI, Irman Gusman (google)
Ketua DPD RI, Irman Gusman (google)
Ketua DPD RI, Irman Gusman (google)

MBNews, Hari lahirnya Pancasila yang selalu diperingati setiap tanggal 1 Juni, harus dijadikan tonggak ideologi bagi seluruh masyarakat Indonesia. Ketua DPD RI, Irman Gusman mengakui, betapa hebatnya Presiden Soekarno yang mengagas lima sila tersebut menjadi nilai ideologi bangsa Indonesia.

Sebab ungkap dia, karena Pancasila lah Indonesia yang memiliki berbagai suku, ras dan budaya dapat dipersatukan dengan lima sila tersebut. “Pancasila ini sebagai ideologi bangsa sebagai roh dari pada jiwa bangsa ini yang menjaga eksistensi bangsa ini sampai sekarang,” ujar Irman di Jakarta, Senin (1/6/2015).

Irman menambahkan, genap 70 tahun hari lahir Pancasila ini diharapkan, agar generasi muda harus berpegang teguh kepada Pancasila. Pasalnya, di masa depan lima sila tersebut sangat dibutuhkan dalam menjaga dan mempererat bangsa Indonesia, yang diketahui terdiri dari gugusan pulau-pulau.

“Untuk generasi muda nilai-nilai Pancasila harus kita perketat, dengan menjadikannya sebuah cara pandang, dan generasi muda tetap mengamalkan Pancasila sampai ke masa depan,” pesan Irman. (okezone/hfa)