Home Hukum Kriminal Jadwal sidang selalu siang dan sore, Hakim Pengadilan Negeri Tarakan protes

Jadwal sidang selalu siang dan sore, Hakim Pengadilan Negeri Tarakan protes

0
281
ilustrasi
ilustrasi

MBNews, Tarakan – Jadwal persidangan yang setiap harinya hampir dilaksanakan pada siang dan sore hari, membuat Hakim Pengadilan Negeri Tarakan menilai hal tersebut kurang efektif dan efisien.

Menurut Humas Pengadilan Negeri Tarakan Mahyudin Igo saat dikonfirmasi merahbirunews.com Selasa (14/4/2015) mengatakan, pelaksanaan sidang setiap siang tersebut dikarenakan pihak kejaksaan sering mengantar tahanannya yang akan disidang saat siang hari saja.

Dijelaskan padahal jika sidang yang dilaksanakan pada siang hari dinilainya kurang efektif dan efisien, karena sangat sulit mendatangkan saksi-saksi pada siang hari sehingga membuat persidangan menjadi tertunda.

“Selain itu tertundanya sidang juga biasanya karena tuntutan dari kejaksaan belum siap, memang dulu pernah dilaksanakan sidang di pagi hari, namun berjalan 3 bulan sidang kembali dilakukan saat siang hari,” Ungkap Mahyudin Igo

Menurut Mahyudin Igo, para hakim sudah mengusulkan kepada Ketua Pengadilan agar berkoordinasi dengan Kepala Kejaksaan Negeri Tarakan untuk menetapkan jadwal sidang dilaksanakan pagi hari saja. Hakim juga meminta agar koordinasi itu bisa disepakati sehingga dalam proses persidangan berjalan dengan efektif dan efisien dalam melakukan putusan suatu perkara hukum. (ctr/hfa)