BOOM!, 4 Kapal Nelayan Malaysia Yang Ditangkap Polda Kaltim Diledakan

0
169

IMG_1229Merahbirunews.com, Tarakan – 4 kapal nelayan asing asal Malaysia yang ditangkap Satuan Polisi Air Polda Kaltim bulan maret 2015 lalu, dimusnahkan atau didisposal dengan cara diledakan. Peledakan dilakukan secara simbolis oleh Kapolda Kalimantan Timur Inspektur Jendral (Irjen) Polisi Safarudin di pelabuhan Satlan 2 Polair Polda Kaltim Juata Laut Kota Tarakan, Selasa (15/12/2015)

Kapolda Kaltim Irjen Safarudin mengatakan, peledakan yang dilakukan bukan arogansi bangsa Indonesia untuk menindak kapal pencuri ikan dari Negara tetangga namun semata-mata untuk menyelamatkan kekayaan hasil kelautan yang dimiliki.

“Masih banyak lagi kapal pencuri ikan yang terus mencuri ikan di Indonesia dan diharapkan banyak kapal lainnya yang ditangkap dan ukuran kapalnya jauh lebih besar.” Katanya

Untuk memuluskan hal tersebut Polda Kaltim berusaha mendapatkan kapal cepat atau speedboat yang lebih canggih untuk dapat melakukan pengejaran kepada kapal nelayan asing.

Irjen Pol Safarudin menambahkan, perlu dukungan semua pihak termasuk dari masyarakat dan instansi lainnya untuk memuluskan upaya pencegahan pencurian ikan di wilayah Kaltara.

“Kita butuh dukungan dari semua pihak, jadi ini bukan hanya sekedar kepolisian, masyarakat juga berperan untuk melaporkan,” Tambahnya

4 Kapal yang dimusnahkan dengan bom jenis low explode milik Brimob Polda Kaltim ditangkap telah selesai disidangkan di pengadilan negeri Tarakan Agustus 2015 lalu. (hfa)