Jasa Perbankan Tidak Khawatir Dengan Adanya Komunitas MMM

0
1225
Ilustrasi (google)
Ilustrasi (google)
Ilustrasi (google)

MBNews, Tarakan – Adanya sistem Mavrodi Mondial Moneybox (MMM) yang digandrungi oleh sebagian warga Tarakan, dipastikan tidak berdampak pada berkurangnya masyarakat untuk menjadi nasabah perbankan, walaupun bunga atau dana bagi hasil yang diberikan oleh perbankan tidak begitu menggoda seperti sistem yang ditawarkan oleh MMM.

Sub Branch Manager Kantor Cabang Pembantu (KPC) Bank Mandiri Syariah Tarakan Wiyanda Rais, Kamis (24/07/2014) mengatakan, jikapun ada sebuah sistem yang memberikan bunga diatas bank, tidak akan berdampak signifikan terhadap rasa percaya masyarakat untuk tetap menggunakan jasa bank.

“Jasa keuangan yang diberikan sebuah bank sampai kapanpun  tidak akan ditinggalkan nasabah ataupun masyarakat umum, hal ini dikarenakan sistem keamanan dan pertanggungjawaban bank sudah terpercaya.” Ungkap Wiyanda Rais.

[rpi]

Dijelaskan Wiyanda, faktor keamanan yang dimaksud adalah rata rata dalam dunia perbankan pengelolaan dana nasabah lebih transparan dan akuntabel, ditambah dengan amannya uang nasabah dengan adanya sistem Lembaga Simpan Pinjam (LPS) yang sudah dirancang oleh Pemerintah untuk mengamankan segala bentuk simpanan nasabah yang ada di perbankan.

Jika dalam dunia perbankan sendiri, seperti yang dituturkan Wiyanda pemberian bunga tertinggi 7% hingga 8 %, namun normalnya hanya 3 sampai 5 %, dan jika ada yang memberi lebih dari bunga bank hal itu keluar dari alamiah bisnis, sehingga setiap lembaga keuangan khusus bank diawasi oleh Bank Indonesia sedangkan untuk non bank pengawasan dilakukan Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

“Tidak boleh ada suatu lembaga keuangan baik itu yang terdaftar ataupun tidak terdaftar yang cara operasionalnya jor-joran (diatas batas kewajaran,red) yang telah ditetapkan, jika ada tentunya akan mendapatkan perhatian dari OJK atau Bank Indonesia.” Jelas Wiyanda. (RUN/HFA)

List Berita terkait MMM