Jelang Lebaran, Kulit Ketupat Ramai Dibeli Masyarakat Tarakan

0
1513
Salah satu pembeli kulit ketupat di pasar dayak (hfa)
Salah satu pembeli kulit ketupat di pasar dayak (hfa)
Salah satu pembeli kulit ketupat di pasar dayak Beringin Tarakan (hfa)

MBNews, Tarakan – Jelang lebaran masyarakat banyak berburu kulit ketupat dari janur kelapa muda yang dijual oleh sebagian pedagang. Salah satu pedagang tersebut yakni Hasnawati yang sehari-harinya berjualan di pasar dayak (inai) kawasan Beringin Tarakan.

Kepada MBNews Hasnawati mengungkapkan baru hari ini menjual kulit ketupat untuk memenuhi kebutuhan dan variasi masakan dari masyarakat saat lebaran. 1 ikat kulit ketupat berjumlah 10 buah dan dihargai Rp. 8000.

“Hari ini saya target penjualan sebanyak 40 ikat, besok saya akan jual lagi karena banyak masyarakat yang mencari apalagi saat-saat mau lebaran seperti ini.” Ungkap Hasnawati, Kamis (24/7/2014)

Hasnawati mendapatkan janur kuning untuk bahan kulit ketupat dari kebun miliknya di kawasan Mamburungan Tarakan dan hampir 1 malam dihabiskan untuk membuat atau merancang janur menjadi ketupat.

“Hampir 1 malam suntuk saya buat mas, tapi nggak apa-apa banyak yang cari, lumayanlah untuk menambah penghasilan.” Ujarnya

Tidak hanya menjual kulit ketupat, pedagang yang hampir 2 tahun berjualan di pasar dayak (inai) tersebut juga menjual daun pisang yang biasanya digunakan masyarakat untuk membuat buras dan lontong saat lebaran datang. (HFA)