Jelang Lebaran, Kulit Ketupat Ramai Dibeli Masyarakat Tarakan

0
774
Salah satu pembeli kulit ketupat di pasar dayak (hfa)
Salah satu pembeli kulit ketupat di pasar dayak Beringin Tarakan (hfa)

MBNews, Tarakan – Jelang lebaran masyarakat banyak berburu kulit ketupat dari janur kelapa muda yang dijual oleh sebagian pedagang. Salah satu pedagang tersebut yakni Hasnawati yang sehari-harinya berjualan di pasar dayak (inai) kawasan Beringin Tarakan.

Kepada MBNews Hasnawati mengungkapkan baru hari ini menjual kulit ketupat untuk memenuhi kebutuhan dan variasi masakan dari masyarakat saat lebaran. 1 ikat kulit ketupat berjumlah 10 buah dan dihargai Rp. 8000.

“Hari ini saya target penjualan sebanyak 40 ikat, besok saya akan jual lagi karena banyak masyarakat yang mencari apalagi saat-saat mau lebaran seperti ini.” Ungkap Hasnawati, Kamis (24/7/2014)

Hasnawati mendapatkan janur kuning untuk bahan kulit ketupat dari kebun miliknya di kawasan Mamburungan Tarakan dan hampir 1 malam dihabiskan untuk membuat atau merancang janur menjadi ketupat.

“Hampir 1 malam suntuk saya buat mas, tapi nggak apa-apa banyak yang cari, lumayanlah untuk menambah penghasilan.” Ujarnya

Tidak hanya menjual kulit ketupat, pedagang yang hampir 2 tahun berjualan di pasar dayak (inai) tersebut juga menjual daun pisang yang biasanya digunakan masyarakat untuk membuat buras dan lontong saat lebaran datang. (HFA)