Jokowi “Kepala Daerah Harus Punya Gagasan Besar”

0
667
Presiden RI Joko Widodo (kiri) Dengan Pakaian Kebesaran Adat Tidung (hfa)
Presiden RI Joko Widodo (kiri) Dengan Pakaian Kebesaran Adat Tidung (hfa)
Presiden RI Joko Widodo (kiri) Dengan Pakaian Kebesaran Adat Tidung (hfa)

MBNews,Tarakan-Presiden Republik Indonesia Ir.H.Joko widodo menginstruksikan kepada seluruh kepala daerah maupun masyakat Indonesia untuk mempunyai gagasan yang besar dalam memajukan setiap daerah yang dipimpin.Hal ini ia sampaikan dalam acara Musrenbang RPJMN yang dilaksanakan diruang serbaguna pemkot Tarakan Senin (15/12/2014).

“Berfikirlah yang besar,punyailah gagasan yang besar dan visi yang besar.Hanya mengerjakannya boleh yang kecil-kecil.Karena memulai yang besar itu harus diawali dengan mengerjakan yang kecil,”kata Jokowi.

Menurut Jokowi,dengan mempunyai gagasan yang besar kelak dimasa mendatang Indonesia bisa menjadi Negara yang lebih maju dari negara tetangga saat ini.Ia pun mengajak seluruh masyarakat agar bisa mempunyai pola fikir yang jauh kedepan karena memang kerangka berfikir untuk memajukan negara itu harus terlihat 50 sampai 100 tahun mendatang.

“Ambil contoh pelabuhan kota Tianjin di Tiongkok,memang bangunannya belum selesai,tapi rencananya itu dan maketnya mau dijadikan seperti apa pelabuhan itu untuk 5,10,bahkan 20 tahun kedepan itu sudah ada.Memang agak lama tapi visinya itu sudah menjangkau hingga 100 tahun kedepan,”ujarnya.

Dijelaskan Jokowi,hal ini sangat bertolak belakang dengan apa yang terjadi di Indonesia saat ini,dimana Indonesia hanya memikirkan pembangunan yang fungsinya hanya untuk menjangkau apa yang terjadi sekarang hingga 5 tahun kedepan.Sehingga banyak pembangunan infrastruktur yang tidak berfungsi dengan maksimal.

“Lihat saja pelabuhan Tanjung Priok.Sekarang tidak bisa lagi ekspansi karena dulu membangunnya hanya memikirkan untuk jangka waktu yang singkat,”ungkapnya.

Maka dari itu Jokowi mengajak kepada seluruh kepala daerah maupun masyarakat khususnya Kalimantan, agar bisa mempunyai pola pikir yang jauh kedepan karena memang Kalimantan merupakan daerah yang baru akan dimulai pembangunannya.

“Diseluruh Kalimantan ini mumpung masih baru untuk membangun infrastruktur jangan salah-salah perencanaannya.Buat perencanaan yang besar dan gagasan yang besar sekalian agar nanti di masa mendatang bisa berguna dengan maksimal,”pungkas orang nomor 1 di Indonesia ini.(mrn/run)